Damaskus, LiputanIslam.com –  Pasukan Arab Suriah dan kelompok-kelompok pasukan pendukungnya memperketat kepungan terhadap kelompok teroris ISIS di kota kuno Palmyra (Tadmur) setelah mencapai kawasan lereng Pegunungan al-Hiyal dan sekitar kawasan yang disebut segi tiga barat Palmyra.

“Luguin ke-5 pasukan pemerintah yang dilatih oleh tentara Rusia sudah berada di lokasi yang berjarak sekira 4 km barat segi tiga Tadmur setelah kawanan bersenjata ISIS kabur ke arah kota Tadmur,” ungkap sumber Suriah di lapangan kepada DPA, Kamis (23/2/2017).

Dia menjelaskan bahwa leguin ini menguasai Menara Syriyatel dan memulai operasi penembakan pembukaan dan penembakan roket ke arah area Driving School dan kawasan al-Bayarat sebagai persiapan untuk serbuan terhadapnya dalam beberapa jam selanjutnya.

Sumber anonim ini menambahkan bahwa SAA yang didukung oleh kelompok-kelompok pertahanan nasional bergerak maju di sekitar kawasan al-Bayarat dan menguasai kawasan menara-menara penerbangan serta mencapai lereng-lereng barat Pegunungan al-Hiyal, sementara barisan pasukan ISIS porak poranda.

Di kawasan sumur-sumur minyak di barat Palmyra terdapat kepulan asap tebal yang membubung dari sumur-sumur Jazal akibat kebakaran yang ditimbulkan oleh ISIS terhadap beberapa sumur dan jalur pipa minyak di kawasan tersebut.

Sebelumnya, ISIS juga telah meledakkan sumur-sumur minyak di kawasan Jahar dan ladang gas Hayyan serta jaringan pipa penghubung antara keduanya.

Palmyra diduduki ISIS pada 20 Mei 2015, lalu dibebaskan oleh SAA pada 27 Maret 2017, tapi kemudian jatuh lagi ke tangan ISIS pada 11 Desember 2016. Belakangan ini berusaha merebut kembali kota bernilai historis tinggi ini. (mm/raialyoum/almasdarnews)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL