tank suriahDamaskus, LiputanIslam.com – Pasukan Arab Suriah (SAA) dan sekutunya dalam beberapa hari ini melancarkan serangan hebat terhadap barisan pasukan teroris Jaish al-Fatah di medan-medan pertempuran bagian selatan provinsi Aleppo.

Situs berita al-Ahed milik Libanon melaporkan serangan itu menjatuhkan banyak kerugian jiwa dan materi pada pihak teroris.

“Meskipun Jaish al-Fatah bungkapm, namun pengakuan unit koordinasi militan bersenjata, khususnya kelompok Jabhah al-Nusra dan intelijen keamanan pihak-pihak yang memantau front pertempuran, mengonfirmasukan tewasnya 167 militan, 24 di antaranya komandan satuan-satuan lapangan, operasional dan logistik,” tulis al-Ahed, Minggu (19/6).

Data unit koordinasi itu bahkan menyebutkan nama 24 komandan kelompok Jaish al-Fatah yang tewas, termasuk Mostafa Khalasi. Disebutkan pula bahwa Jaish al-Fatah menderita kerugian antara lain berupa hancurnya lima unit tank, dua mobil lapis baja, beberapa peluncur roket, dan kubu-kubu pertahanan.korban tewas jaish al-fath

Jaish al-Fatah adalah aliansi beberapa kelompok teroris, yaitu Jabhah al-Nusra, Failaq al-Sham, Ajnad Sham, Partai Islam Turkistan, Liwa’ al-Haqq, Ahrar Sham dan Jund al-Aqsa. Semua kelompok ini, kecuali

Ahrar Sham dan Jund al-Aqsa yang belakangan memisahkan diri dari Jaish al-Fath, terlibat dalam pertempuran melawan pasukan pemerintah Suriah SAA dan sekutunya di kawasan Khalsah di bagian selatan provinsi Aleppo.

Selain mereka, beberapa kelompok bersenjata lain, termasuk Jaish al-Hurr dan Kelompok 13 dukungan AS juga terlibat perang melawan SAA.

Pergerakan SAA di Raqqah

Dalam pertempuran lain di provinsi Raqqah, pasukan Suriah bergerak maju ke arah lapangan minyak al-Jabari setelah beberapa hari bertempur melawan pasukan teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) di kawasan al-Rasafah di bagian barat provinsi Raqqah.

Menurut al-Manar, SAA juga terus bergerak maju ke arah pangkalan udara militer Tabqa dan kini mereka berada di lokasi yang berjarak 10 km dari pangkalan udara yang diduduki ISIS tersebut.

Selain itu, SAA juga baru menguasai lapangan minyak al-Thaura yang juga berjarak 10 km dari pangkalan al-Tabqa dan memasuki kawasan al-Ummal di bagian barat provinsi Raqqah.

Jet Tempur Suriah Jatuh

Sumber militer suriah menyatakan kepada kantor berita resmi Suriah, SANA, bahwa satu unit jet tempur Suriah jenis Mig-21 jatuh akibat kerusakan teknis di pangkalan udara Hama. Pilot dan co-pilot berusaha menyelamatkan diri dengan menggunakan kursi pelontar ketika mengetahui adanya kerusakan mesin, tapi kursi pelontar itu ternyata tidak aktif sehingga keduanya meninggal dunia. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL