Beirut, LiputanIslam.com –  Pasukan Arab Suriah (SAA) melancarkan serangan terbatas ke beberapa kawasan di provinsi Idlib dan sekitarnya, Rabu (12/9/2018).

Sejak beberapa pekan lalu SAA mengerahkan pasukan dan peralatan tempur ke kawasan sekitar Idlib di Suriah barat laut sebelum terjadi eskalasi akibat pemboman yang juga melibatkan jet tempur Rusia pada pekan lalu, namun kembali menurun dalam tiga hari terakhir.

Observatorium Suriah untuk HAM menyebutkan bahwa serangan roket terjadi pada dini hari Rabu ke distrik Tamanua dan sekitarnya di pinggiran selatan provinsi Idlib setelah terjadi serangan serupa pada pertengahan malam di sekitar distrik Murk di provinsi Hama.

Dilaporkan bahwa lebih dari 4000 personil SAA dan sekutunya telah tiba ke sisi utara provinsi Aleppo bersama peralatan tempur mereka sejak awal bulan ini, sementara kelompok-kelompok bersenjata oposisi dan teroris memperkuat pertahanan atas posisi masing-masing.

Kelompok teroris Hayat Tahrir al-Sham alias Jabhat al-Nusra menguasai sebagian besar provinsi Idlib, sementara SAA berada di sisi timur laut provinsi ini. Al-Nusra dan kelompok-kelompok bersenjata lain juga bercokol di kawasan-kawasan perbatasan antarprovinsi, tepatnya disisi barat Alepo, sisi utara provinsi Hama, dan sisi utara Latakia.

PBB mencatat lebih dari 30,000 orang mengungsi dari sisi selatan dan barat daya Idlib serta sisi utara dan barat laut dan barat daya Hama hingga Ahad lalu akibat meningkatnya ketegangan. Naun, AFP melaporkan terjadi penurun jumlah pengungsi secara signifikan pada Rabu kemarin setelah serangan udara terhenti. (mm/raialyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*