Damaskus, LiputanIslam.com –   Pasukan Arab Suriah (SAA) dan sekutunya berhasil merebut Pulau Hawija Sakar yang dikitari Sungai Furat di timur kota Deir Ezzor yang separuhnya masih dikuasai oleh kawanan teroris ISIS, Senin (18/9/2017).

Sumber media yang dekat dengan SAA mengatakan kepada DPA, “Tentara Suriah dan pasukan sekutunya telah memasuki Hawija Sakar yang merupakan sebuah pulau di tengah Sungai Furat, dan pasukan ini tidak menyeberangi sungai Furat, dan menyeberang ke sisi timurnya.”

Menurut sumber ini, keberhasilan menguasai Hawija Sakar merupakan satu langkah besar dalam pemutusan jalur logistik ISIS dari kota Deir  Ezzor.

Di kota ini sendiri, satu pesawat pembawa bahan makanan telah mendarat di bandara militer, dan pendaratan ini tercatat sebagai yang pertama kalinya selama tiga tahun terakhir sejak ISIS mengepung bandara ini, sementara pasukan Rusia sejak beberapa hari lalu telah mendatangkan jembatan apung untuk penyeberangan pasukan yang bertempur di Deir Ezzor.

Kemhan Rusia dalam sebuah statemennya menyatakan, “Pasukan pemerintah Suriah yang didukung Korps Pasukan Lapis Baja ke-4 dan Angkatan Udara Rusia hari ini telah menyeberang ke sisi timur Sungai Furat di kota Deir Ezzor (yang terletak di sisi baratnya).”

Kemhan Rusia menambahkan bahwa SAA telah mengusir kawanan teroris ISIS dari sejumlah desa di sisi timur, sementara di baratnya juga terus menggempur ISIS untuk mempeluas kawasan yang dikuasainya. SAA berusaha mengepung kawanan ISIS di bagian timur kota ini.

Direktur Eksekutif Observatorium Suriah untuk HAM, Rami Abdulrahman, mengatakan kepada AFP bahwa penyeberangan SAA dilakukan rangka “mengepung para kombatan ISIS di bagian timur kota Deir Ezzor” setelah berhasil mengepung mereka dari tiga arah.

Dia juga menyebutkan bahwa bandara militer Deir Ezzor sudah mulai beroperasi setelah terhenti sejak September 2016 akibat pertempuran dan kepungan ISIS. (mm/rayalyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL