Beirut, LiputanIslam.com –  Pasukan Arab Suriah (SAA) menguasai sedikitnya empat distrik di kota Mayadin, bagian timur provinsi Deir Ezzor, yang merupakan markas besar terakhir kelompok teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) di Suriah. Demikian dilaporkan lembaga Observatorium Suriah untuk HAM (SOHR), Kamis (12/10/2017).

SAA bergasil memutus jalur utama sepanjang 80 kilometer yang menghubungkan Mayadin dengan kota Abu Kamal yang terletak di perbatasan antara Irak dan Suriah, dan dengan terdesaknya ISIS di Mayadin maka tingga kota kecil Abu Kamal yang selanjutnya menjadi kantung terakhir kawanan teroris berfaham Salafi/Wahabi ini.

Menurut SOHR, kini bagi ISIS sudah tidak ada jalur yang menghubungkan Mayadin dengan Abu Kamal kecuali jalan-jalan altenatif.

Direktur Eksekutif SOHR Rami Abdulrahman mengatakan kepada AFP, “Pasukan pemerintah (Suriah)di bawah komando pasukan Rusia yang ada di lapangan berhasil menguasai sedikitnya empat distrik dalam kota Mayadin.”

Dia menjelaskan bahwa pasukan Rusia terlibat langsung di lapangan dalam operasi militer dan “pertempuran-pertempuran sengit” sekaligus melancarkan serangan udara secara masif untuk mendukung SAA di dalam kota Mayadin.

“Tidak ada lagi bagi ISIS kecuali jalur cabang yang terletak di antara jalur utama dan sisi barat Sungai Furat… ISIS dapat menempuh jalur cabang ini jika mereka memutuskan untuk mundur dari Mayadin,” imbuhnya.

Kemajuan ini dicapai SAA, Kamis, setelah pekan lalu mereka berhasil mencapai pinggiran barat Mayadin untuk pertama kalinya sejak 2014, dan kemudian ISIS dapat menjauhkan mereka lagi pada Ahad lalu.

SOHR juga mengabarkan bahwa sekira 1000 petempur ISIS yang sebagian besar berasal dari Asia dan beberapa di antaranya komandan, telah berdatangan dari Irak ke wilayah Suriah dan disebar di beberapa front pertempuran di bagian timur provinsi Deir Ezzor.

Hingga kini ISIS masih menguasai lebih dari separuh wilayah provinsi Deir Ezzor yang banyak di antaranya merupakan kawasan gurun yang luas. (mm/rayalyoum/fna)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL