tentara-suriah-di-aleppoMoskow, LiputanIslam.com –   Sebanyak lebih dari 1000 militan telah keluar dari Aleppo secara sukarela, dan tak kurang dari 953 orang di antara mereka telah mendapatkan amnesti , sedangkan sisanya masih menjalani pemeriksaan. Demikian ditegaskan oleh  Staf Umum Angkatan Bersenjata Rusia, Jumat (9/12/2016).

Kepala Departemen Operasi Utama Staf Umum Angkatan Bersenjata Rusia Sergey Rudskoy dalam jumpa persnya menyebutkan sebanyak 52 lingkungan di Aleppo timur berhasil dibebaskan dari pendudukan kawanan bersenjata, dan kini pasukan pemerintah Suriah menguasai 93% wilayah kota ini.

“Akibat keberhasilan operasi serangan, 52 lingkungan di Aleppo timur telah dibebaskan dari kawanan bersenjata. Hanya dalam empat hari terakhir ini saja, kawasan yang dikuasai kawanan bersenjata menyusut sekira sepertiga,” terangnya.

Dia juga menyatakan setiap hari disalurkan puluhan ton bantuan kemanusiaan ke kawasan yang telah dibebaskan, dilakukan rehabilitasi bangunan infrastruktur, dan digalakkan bantuan kedokteran kepada penduduk.

“Kami berharap warga sipil dalam waktu dekat ini dapat pulang, bukan hanya ke Khan al-Sheikh dan al-Tal (provinsi Damaskus), melainkan juga ke Aleppo dan pusat-pusat permukiman lain yang telah dibebaskan dari para teroris,” lanjutnya.

Dia juga menyebutkan bahwa penduduk Aleppo yang telah kabur dari para teroris memberitahukan bahwa kelompok “oposisi moderat” menggunakan cara kekerasan dan pembunuhan dalam mencegah penduduk agar tidak meninggalkan Aleppo timur, dan Rusia kini sedang mendokumentasikan semua kejahatan ini. (mm/raialyoum/rt)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL