pasukan suriah di selatan aleppoAleppo, LiputanIslam.com –  Tentara pemerintah Suriah, Pasukan Arab Suriah (SAA), menegaskan hanya ada dua pilihan bagi pasukan pemberontak dan teroris di Aleppo timur, yaitu keluar dari kota ini atau mati.

Peringatan militer Suriah ini dinyatakan oleh jubir SAA Samir Solaiman sembari bersumpah bahwa perang akan terus berkobar di Aleppo timur sampai stabilitas dan keamanan di semua wilayah kota ini pulih.

“SAA telah membebaskan lebih dari 50 persen bagian timur Aleppo, upaya untuk pembebasan  kawasan lama yang dikenal dengan nama Aleppo Lama akan menghadapi kesulitan, tentara mengerahkan pasukan infantri dan pasukan khusus untuk pembebasan semua wilayah dalam beberapa pekan mendatang,” lanjutnya.

Perang terus berkecamuk di Aleppo timur, Minggu (4/12/2016). SAA terus berusaha menebos lebih jauh ke wilayah ini setelah menguasai bahkan lebih dari 60 persen.

Observatorium Suriah untuk HAM yang intensif memantau perkembangan situasi perang di negara ini menyebutkan bahwa pertempuran kedua pihak kali ini terpusat di lingkungan Karm al-Maisar, dan kontak senjata juga berlangsung di tiga lingkungan lain yang sejak Sabtu lalu sudah dikuasai sepenuhnya oleh SAA, yaitu al-Jazmati, Karam al-Turab dan Tariq al-Bab.

Kantor berita Suriah, SANA, mengutip keterangan sumber militer bahwa SAA bersama pasukan sekutunya terus bergerak maju dan berhasil memulihkan keamanan dan stabilitas di lingkungan al-Jazmani dan al-Hiwaniah.

TV pemerintah Suriah menayangkan secara langsung pemandangan di al-Jazmani yang diriuhkan oleh kecamuk senjata sdan dentuman bom yang berasal dari beberapa lingkungan sekitarnya.

Para pemberontak telah memberitahukan kepada Amerika Serikat (AS) bahwa mereka tidak akan beranjak keluar dari Aleppo. Pemberitahuan ini dinyatakan sebagai tanggapan atas ajakan Rusia kepada AS untuk merundingkan masalah penarikan total kawanan bersenjata dari Aleppo timur.

SAA dan sekutunya memulai operasi militer besar-besaran sejak 15 November lalu untuk merebut kembali Aleppo timur yang dikuasai pemberontak dan teroris. Sejak pekan lalu SAA berhasil merebut kembali satu persatu daerah-daerah permukiman hingga mencapai lebih dari 60 persen wilayah ini.

Direktur Pelaksana Observatorium Suriah untuk HAM Rami Abdulrahman mengatakan, “Pasukan pemerintah kini berusaha maju dan menguasai lingkungan al-Shiar dan lingkungan sekitarnya dengan tujuan menekan kelompok-kelompok oposisi agar mundur sepenuh ke lingkungan-lingkungan selatan Aleppo timur..”

Kubu oposisi kembali menyerukan kepada khalayak internasional agar turun tangan menghentikan serangan SAA dan sekutunya ke Aleppo timur. (mm/alyoum7/raialyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL