Aleppo, LiputanIslam.com –  Pasukan Arab Suriah (SAA) terus menggempur berbagai posisi dan tempat konsentrasi aliansi teroris Haiat Tahrir al-Sham di sejumlah wilayah di barat kota Aleppo, Suriah utara, dan bergerak maju setelah dilakukan peningkatan serangan udara dan roket terhadap beberapa kawasan di bagian barat provinsi Aleppo, Senin (27/2/2017).

SAA dan kelompok-kelompok pasukan sekutu memperluaskan kekuasaan di beberapa titik di front Asosiasi Wartawan dan Riset Ilmiah di barat Aleppo. Pertempuran terus berlanjut karena aliansi Haiat Tahrir Sham yang mencakup Jabhat al-Nusra ini berusaha melancarkan serangan balik untuk merebut lagi daerah-daerah yang telah lepas dari tangan mereka beberapa jam sebelumnya.

Kontak Senjata Dengan Pasukan Turki

Masih di provinsi Aleppo, SAA juga terus terlibat kontak senjata dengan kelompok-kelompok oposisi bersenjata yang didukung oleh pasukan Turki di sisi selatan kota al-Bab. Dilaporkan bahwa kubu Turki yang tergabung dalam pasukan Perisai Furat ini berusaha menjauhkan SAA dari beberapa distrik yang jatuh ke tangan SAA di sisi selatan al-Bab belakangan ini.

Sehari sebelum SAA bergerak maju secara mengejutkan dan menguasai distrik Tadaf di sisi selatan al-Bab sehingga mereka praktis berhadapan langsung dengan kubu pasukan Turki yang berhasil mengusai al-Bab setelah mengalahkan pasukan teroris ISIS.

Laporan lain yang mengutip keterangan sumber militer menyebutkan bahwa SAA dan sekutunya telah memutuskan jalur operasi pasukan Perisai Furat dari al-Bab menuju Raqqah setelah SAA membebaskan beberapa desa hingga ke pinggiran kota Manbij dan di situ SAA berada di garis kontak dengan pasukan Turki.

Dekati Gerbang Palmyra

Di bagian timur provinsi Homs, SAA terus bergerak menekan ISIS untuk membebaskan kota kuno Palmyra (Tadmur) dari pendudukan kelompok teroris ini.

Beberapa sumber militer menyebutkan bahwa jarak SAA dengan pusat kota Palmyra hanya tinggal 8 km, dan ini terjadi bersamaan dengan gerak maju mereka ke arah ladang gas Mahr setelah memperkuat kekuasaannya atas lokasi perbukitan strategis di sekitarnya.

Sumber lain menjelaskan bahwa SAA dan sekutunya telah menguasai semua bagian Bukit 900 di barisan Pegunungan al-Hiyal yang menghadap ke Segi Tiga Palmiya, gerbang kota Palmyra.

Dijelaskan pula bahwa SAA menguasai semua titik yang memungkin mereka dapat dengan mudah menggempur ISIS di ladang gas Mahr serta jalur antara Waduk Wadi Abyadh dan Palmyra setelah menghabisi sejumlah teroris ISIS dan menghancurkan peralatan tempur mereka. (mm/raialyoum/almasdar/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL