Beirut, LiputanIslam.com –  Pasukan Arab Suriah (SAA) terus bergerak menekan kelompok teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) di provinsi Deir Ezzor, Suriah timur, dan mendekati kota Mayadin sejarak 10 kilometer.

Mayadin yang terletak di tenggara kota Deir Ezzor dewasa ini menjadi “ibu kota” bagi ISIS seiring dengan kekalahan mereka di kota Raqqa dan Deir Ezzor. ISIS menyebut Mayadin dengan nama “Wilayah al-Khair”, sementara  SAA yang merupakan pasukan pemerintah Suriah dalam perkembangan terbarunya berhasil menguasai  kawasan pertanian di sekitar desa al-Sa’lo di sisi barat Sungai Furat.

Dalam beberapa hari terakhir ini ISIS mengerahkan segenap kemampuannya untuk menahan gerak maju SAA menuju Mayadin. ISIS melancarkan serangan masif di kedalaman sahara di barat untuk menggiring SAA agar mempertahankan berbagai daerah yang telah mereka bebaskan dari pendudukan ISIS dalam Operasi Badia.

Dalam serangan itu ISIS semula berhasil merebut sejumlah besar daerah tersebut tapi kemudian mundur lagi setelah diterjang serangan udara sengit dan serbuan-serbuan darat  SAA. Jika SAA dan sekutunya berhasil merebut kota Mayadin maka ini tak ubahnya dengan deklarasi atas berakhirnya riwayat ISIS sebagai kekuatan yang terpadu di Suriah.

Selanjutnya, SAA akan bergerak cepat menuju kota Abu Kamal di perbatasan Suriah dengan Irak. Dan bersamaan dengan ini pasukan Irak yang juga sudah hampir dapat menumpas ISIS di Hawijah, provinsi Kirkuk, yang notabene sarang utama terakhir ISIS  di Irak akan bergerak menyempurnakan penguasaannya atas segi tiga Rawah, Anah, dan al-Qaim untuk kemudian berjumpa dengan SAA dan sekutunya yang akan datang ke Abu Kamal.

Dengan demikian maka Suriah dan Irak sudah mendekati deklarasi tamatnya riwayat ISIS di wilayah perbatasan kedua negara, sehingga yang tersisa bagi ISIS ialah kawasan di mana mereka bertempur di Raqqa serta kantung kecil mereka yang terkepung di Hajar al-Aswad di selatan Damaskus dan kantung lain yang semisalnya di bagian selatan Rif Daraa. (mm/rayalyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL