Damaskus, LiputanIslam.com –  Tentara Suriah, Pasukan Arab Suriah (SAA), telah membebaskan beberapa wilayah di barat situs sejarah kota Palmyra dari pendudukan kelompok teroris ISIS, sementara aliansi Pasukan Demokrasi Suriah (SDF) telah memasuki provinsi Deir el-Zor untuk pertama kalinya, Selasa (21/2/2017).

SAA membebasakan kawasan Tarfah timur dan Tarfah Barat di sebelah barat Palmyra dan sisi timur provinsi Homs.

Palmyra diduduki ISIS pada 20 Mei 2015, lalu dibebaskan oleh SAA pada 27 Maret 2017, tapi kemudian jatuh lagi ke tangan ISIS pada 11 Desember 2016, dan SAA kini berusaha merebut kembali kota bernilai historis tinggi ini.

Sementara itu, pasukan aliansi Kurdi-Arab, Pasukan Demokrasi Suriah (SDF), yang didukung oleh pasukan koalisi pimpinan Amerika Serikat dilaporkan telah memasuki bagian utara provinsi Deir el-Zor.

Di sana mereka membebaskan beberapa desa untuk pertama kalinya dengan tujuan mengepung ISIS di Raqqah untuk kemudian membebaskan kota yang menjadi markas besar ISIS di Suriah ini.

Kota Deir el-Zor yang kaya minyak di Suriah timur dikepung ISIS sejak 2014 sampai sekarang sehingga bantuan untuk penduduk kota ini hanya bisa disalurkan dengan menjatuhkannya melalui pesawat atau helikopter. (mm/irna/raialyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL