dewan keamanan pbbNewYork, LiputanIslam.com –   Rusia memveto draf resolusi Dewan Keamanan PBB mengenai Aleppo, Senin (5/12/2016). Kemlu Rusia menyatakan bahwa draf itu menyerukan gencatan senjata selama satu minggu, tanpa menyinggung desakan supaya kawanan bersenjata angkat kaki dari Aleppo.

Rusia menilai draf ini bermaksud memberi kesempatan kepada kawanan pemberontak dan teroris di Aleppo timur untuk menggalang kekuatan lagi setelah belakangan terdesak hebat dan tak berkutik menghadapi sengitnya serangan SAA dan sekutunya.

Rusia juga mengingatkan bahwa tindakan demikian jelas mempersulit pembebasan Aleppo timur dan pada gilirannya, penderitaan penduduk di sana menjadi tak kunjung tuntas.

Sebelumnya, Menlu Rusia, Sergei Lavrov, dalam jumpa pers, Senin, mengatakan bahwa gencatan senjata di Aleppo timur dapat diterapkan setelah para pakar Rusia dan Amerika Serikat bersepakat mengenai keluarnya semua militan dari kota ini.

Dia menjelaskan bahwa belakangan ini Menlu AS John Kerry telah mengajukan usulan kepada Rusia mengenai gencatan senjata di Aleppo.  (mm/irna/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL