Moskow, LiputanIslam.com –   Sumber-sumber Rusia menyatakan bahwa beberapa helikopter milik Amerika Serikat (AS) telah melarikan sebanyak hampir 20 komandan tempur kelompok teroris ISIS dari provinsi Deir Ezzor, Suriah timur.

Seperti dilansir lembaga pemberitaan Ria Novosti milik Rusia, sumber-sumber yang meminta identitasnya dirahasiakan oleh itu, Kamis (7/9/2017), mengatakan bahwa pelarian para komandan ISIS dilakukan oleh AS pada bulan Agustus lalu.

Sumber-sumber itu menambahkan bahwa beberapa helikopter AS telah melarikan para komandan dan sejumlah anggota ISIS untuk digunakan di kawasan lain, dan dua di antara komandan ISIS itu berasal dari Eropa. Mereka tidak menjelaskan kawasan manakah itu dan mana kebangsaan para komandan ISIS lainnya.

Menurut mereka, tindakan melarikan para anggota ISIS dari Suriah bukan baru kali ini dilakukan oleh AS, melainkan juga pernah dilakukannya pada bulan Mei lalu dengan melarikan para kombatan ISIS asal Eropa dari Deir Ezzor, dan pada Juli lalu AS juga melarikan para komandan ISIS di provinsi Raqqa.

Selasa lalu pemerintah Suriah mengumumkan keberhasilan pasukannya memecah kepungan ISIS terhadap kota Deir Ezzor yang sudah berlangsung selama tiga tahun.

Belum ada tanggapan dari pihak AS mengenai pernyataan sumber-sumber Rusia tersebut. (mm/rayalyoum/irna)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL