lebanon nasrallah-mikhail bogdanovBeirut, LiputanIslam.com – Pemerintah Rusia menyatakan siap bekerjasama dengan milisi Hizbullah untuk menggalang stabilitas Lebanon. Sebagaimana dilaporkan Fars News Agency (FNA), hal ini dinyatakan Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Mikhail Bogdanov dalam pertemuan dengan Sekretaris Jenderal Hizbullah, Hassan Nasrallah, di Beirut, ibu kota Lebanon, Ahad (16/11).

Bogdanov mengaku pihaknya percaya bahwa Hizbullah merupakan satu kekuatan politik yang konstruktif dan penting di Lebanon.

“Rusia siap bekerjasama di bidang militer dengan Lebanon,” lanjutnya.
Diplomat senior Rusia ini menambahkan, “Moskow juga siap bekerjasama dengan Hizbullah untuk keamanan dan stabilitas Lebanon dan kawasan sekitarnya.”

Laporan lain dari al-Mayadeen menyebutkan bahwa Bogdanov juga menyinggung perkembangan situasi Suriah.

“Rusia menjalin hubungan erat dengan Damaskus maupun partai-partai oposisi nasional Suriah,” katanya.

Dia menilai perubahan sistem politik Suriah bukan saja tidak akan dapat mengatasi krisis, tetapi malah memperpanjang gejolak dan konflik di negara yang dipimpin Presiden Bashar al-Assad ini.

“Rusia berpendapat bahwa dialog dalam negeri merupakan jalur yang tepat untuk mengatasi krisis,” tuturnya.
Menyinggung isu Palestina, dia memastikan bahwa Rusia mendukung penuh hak bangsa Palestina dan menekankan keharusan adanya rekonsiliasi nasional.

Sementara itu, Times of Israel mengabarkan bahwa Israel menunjukkan rasa kecewanya terhadap pertemuan Bogdanov dengan Nasrallah, namun sembari menyatakan bahwa pertemuan itu bukanlah sesuatu yang mengejutkan di mata Tel Aviv.

“Sayang sekali, tidak ada sesuatu yang baru di sini,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Israel Yigal Palmor.

Menurutnya, sejak awal posisi Moskow memang sudah menjurus pada pembicaraan dengan Hizbullah dan Hamas. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL