larvov-dan-kerryMoskow, LiputanIslam.com –  Pemerintah Rusia menyatakan bahwa serangan pasukan Irak dengan dukungan pasukan koalisi pimpinan Amerika Serikat (AS) untuk pembebasan kota Mosul, Irak utara, sama persis dengan serangan pasukan Suriah yang didukung pasukan Rusia untuk pembebasan kota Aleppo, Suriah utara.

“Kemarin saya bertanya via telefon kepada John Kerry (Menlu AS); ‘Apa yang sedang berlangsung di Mosul?’ (Dia menjawab) ‘Mereka menyiapkan operasi pembebasan kota ini dari para teroris,’” katanya, Selasa (25/10/2016).

Dia melanjutkan, “Di Aleppo juga demikian, kota ini harus dibebaskan dari para teroris… Apa yang terjadi di Mosul sama persis dengan apa yang kami lakukan di Aleppo. Koalisi AS mengingatkan dan meminta penduduk supaya menyingkir, sama persis dengan di Aleppo, di sana telah disediakan koridor (kemanusiaan) untuk meninggalkan kota ini.”

Namun demikian, menurut Lavrov, Kerry menilai kedua perang itu berbeda sepenuhnya.

“Di Mosul kami sudah merencanakan semua ini sejak awal, sedangkan di Aleppo Anda tidak merencanakan apapun, dan warga sipilpun lantas menderita,” ujar Lavrov menirukan pernyataan Kerry.

Menlu Rusia melanjutkan, “Tapi perkiraan PBB menyatakan bahwa jika operasi Mosul sudah tuntas sebagaimana telah diputuskan, dan inilah yang memang akan terjadi, maka jumlah pengungsi yang meninggalkan kota ini dan rumah-rumah mereka berkisar antara ratusan ribu hingga satu juta (orang).” (mm/afp)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL