Moskow, LiputanIslam.com –  Kementerian Pertahanan (Kemhan) Rusia menyatakan bahwa Pasukan Arab Suriah (SAA) mendekati Palmyra (Tadmur) sejarak kurang dari 20 km dalam pergerakannya untuk membebaskan kota kuno ini dari pendudukan kelompok teroris takfiri ISIS.

Kemhan Rusia menjelaskan bahwa alam pergerakan ini pasukan udara Rusia menyokong SAA dengan serangan udara gencar selama satu pekan lalu.

“Jet-jet tempur Rusia telah melancarkan serangan lebih dari 90 kali ke arah jalan Palmyra di provinsi Homs selama sepekan lalu sebagai dukungan kepada tentara Suriah yang telah membebaskan sebagian wilayah provinsi ini seluas 805 km persegi dari cengkraman ISIS,” ungkap Kemhan Rusia dalam statemennya, Senin (13/2/2017).

Disebutkan pula bahwa dalam satu pekan itu pula sebanyak lebih dari 200 teroris ISIS tewas dan sekira 180 sasaran milik ISIS hancur, termasuk  60 titik komando, 15 gudang senjata dan amunisi, 43 mobil lapis baja, dan satu unit mobil jeep bersenapan mesin.

Kemhan Rusia juga mengaku kuatir terhadap kemungkinan ISIS akan melakukan lagi aksi peledakan situs-situs sejarah Palmyra karena ISIS diketahui merencanakan pengiriman bahan-bahan peledak ke kota ini sehingga muncul dugaan bahwa mereka akan melakukan aksi terkutuk tersebut.

Sehari sebelumnya, Kemhan Rusia menyatakan bahwa SAA telah menghabisi sekira 650 teroris ISIS sejak SAA memulai operasi militer di bagian timur provinsi Aleppo. Selain itu, SAA juga menghancurkan dua unit tank, empat  kendaraan perang infantri (IFV), dan 18 kendaraan serba guna yang dilengkapi dengan persenjataan berat.

“Lebih jauh, kontrol sudah direbut kembali atas jalan menuju Raqqa yang semula merupakan jalur suplai senjata dan amunisi  kelompok-kelompok militer ISIS di kota al-Bab,” lanjut Kemhan Rusia.

Laporan lain menyebutkan bahwa SAA telah menguasai dua lagi distrik di bagian timur provinsi Aleppo, yaitu distrik Abu Jabar al-Kabir dan al-Magharah, setelah terlibat pertempuran yang menewaskan dan melukai sejumlah teroris ISIS.

Lembaga Observatorum Suriah untuk HAM mengatakan kepada DPA bahwa dalam beberapa hari terakhir ini ISIS bertempur mati-matian dan berhasil mematahkan sebagian serangan SAA.

Di pihak lain, Pasukan Kebebasan Suriah (FSA) yang dibantu tentara Turki dalam operasi militer bersandi Perisai Furat dilaporkan telah menguasai 40 persen pusat kota al-Bab.

Di sana mereka menguasai beberapa tempat di distrik Zamzam, barat laut al-Bab, termasuk rumah sakit al-Hikmah, Masjid Zamzam, stadion olah raga, dan markas Partai Baath Suriah. (mm/raialyoum/alalam/irna/almasdarnews)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL