Moskow, LiputanIslam.com –  Kemhan Rusia merilis foto markas komando kelompok teroris ISIS yang telah dibombardir dan diduga sebagai tempat pemimpin ISIS Abu Bakar al-Badhdadi diduga tewas di kota Raqqa, Suriah utara, pada 28 Mei 2017.

Disebutkan bahwa foto yang dirilis itu merupakan gambar markas komando ISIS di selatan Raqqa yang telah diberikan kepada media usai pemboman yang dilancarkan oleh jet tempur Rusia, dan di situ banyak petinggi ISIS di berbagai levelnya terbunuh, namun masih dipelajari dugaan tewasnya al-Baghdadi.

Jubir Kremlin Dmitry Peskov mengatakan bahwa pemboman markas ISIS dan dugaan terbunuhnya al-Bahghdadi telah dilaporkan kepada Presiden Rusia Vladimir Putin sehingga masih dilakukan pendalaman atas dugaan ini.

Kemlu Rusia sebelumnya menyatakan masih dilakukan upaya-upaya optimal untuk mencari kejelasan atas dugaan tewasnya al-Baghdadi akibat serangan udara Rusia.

“Berdasarkan informasi yang masuk, lokasi yang telah dibombardir oleh jet-jet tempur Rusia terletak di dekat kota Raqqa, Suriah, yang menjadi tempat kediaman para petinggi ISIS,” bunyi statemen Kemlu Rusia, Jumat (16/6/2017).

Statemen yang dikutip oleh koran Rusia Kommersant ini menjelaskan bahwa serangan udara di selatan Raqqa itu menewaskan banyak petinggi ISIS, termasuk 34 pejabat, 30 komandan berbagai level, dan 300 anggota ISIS lainnya.

Menurut laporan yang tersiar, tokoh ISIS yang tewas akibat serangan itu antara lain Abu al-Haji al-Misri, komandan ISIS kawasan Raqqa, Ibrahim al-Nayef, komandan wilayah al-Sahnah, dan Sulaiman al-Sheikh , kepala bidang keamanan ISIS.

Di pihak lain, pasukan koalisi internasional pimpinan Amerika Serikat (AS) di hari yang sama menyatakan tidak dapat mengonfirmasi laporan Rusia mengenai kemungkinan tewasnya al-Baghdadi di Raqqa.

“Kami tak dapat mengonfirmasi laporan Rusia mengenai tewasnya al-Baghdadi dalam serangan jet tempur Rusia ke kota Raqqa di Suriah,” ungkap Jubir pasukan ini, Kol. John Dorian. (mm/sputnik/reuters)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL