Damaskus, LiputanIslam.com –  Beberapa laporan media menyebutkan adanya pengerahan dan pergerakan militer Rusia di Suriah timur untuk pertama kalinya sejak Pasukan Arab Suriah (SAA) dan beberapa pasukan sekutunya menduduki sisi barat Sungai Eufrat.

Sumber media oposisi Suriah, Ahad (7/10/2018), melaporkan, “Puluhan anasir dan mobil-mobil lapis baja tentara Rusia telah tiba di pinggiran kota Abu Kamal (Bukamal) kemarin dulu, dan menyebar di sejumlah posisi yang berhadapan dengan posisi-posisi Pasukan Demokrasi Suriah (SDF) yang bersekutu dengan pasukan Amerika Serikat (AS).”

Sebelumnya, SAA melakukan pengerahan militer ke kawasan al-Sayyal di pinggiran Abu Kamal di bagian timur provinsi Deir Ezzor serta membaur dengan para pemuda setempat setelah terjadi peningkatan serangan dari kawanan teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Pengerahan pasukan Rusia ini terjadi bersamaan dengan operasi militer SAA terhadap ISIS yang bertahan di kawasan Badiyah Deir Ezzor, dan bersamaan pula dengan berlanjutnya serangan SDF secara meluas untuk menguasai kota Hajin yang menjadi sarang terakhir ISIS di Deir Ezzor timur. (mm/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*