isis abu muhammad al adnaniMoskow, LiputanIslam.com –   Rusia membantah pengakuan Amerika Serikat (AS) bahwa Abu Muhammad al-Adnani, salah satu pentolan kelompok teroris ISIS tewas akibat serangan AS di Suriah.

Kementerian Pertahanan (Kemhan) Rusia dalam statemennya yang dirilis Rabu (31/8/2016) memastikan bahwa al-Adnani yang juga dikenal sebagai pemimpin bidang propaganda ISIS itu tewas akibat serangan udara Rusia pada hari Selasa (30/8/2016).

Kemhan Rusia menjelaskan bahwa al-Adnani adalah satu di antara 40-an anggota ISIS yang menemui ajalnya akibat gempuran jet tempur Su-34 milik Rusia di Maarat-Umm Khaush, Aleppo, Suriah.

“Sesuai data-data yang telah dikonfirmasi oleh berbagai kanal, salah satu teroris yang telah dihabisi adalah gembong perang ISIS Abu Muhammad al-Adnani yang lebih dikenal sebagai juru bicara ISIS,” ungkap Kemhan Rusia, seperti dikutip Rai al-Youm.

Sehari sebelumnya, ISIS sendiri mengumumkan al-Adnani tewas di provinsi Aleppo ketika meninjau operasi militer ISIS, namun kelompok ekstrim ini tidak menjelaskan secara persis kapan dan bagaimana dia terbunuh.

Setelah itu, seorang pejabat Pentagon  kepada wartawan mengklaim bahwa Amerika Serikat (AS) telah melakukan serangan udara terhadap sebuah konvoi kendaraan ISIS di kota Al-Bab.

Al-Adnani adalah orang pertama yang mendeklarasikan kekhalifahan ISIS, bahkan sebelum Baghdadi. Dia berperan dalam menyusun serangan terhadap di berbagai negara, termasuk di Paris pada tahun lalu.

Sejak September 2015, Rusia terlibat dalam serangan udara terhadap pasukan pemberontak dan teroris di Suriah, terutama di Aleppo, kota kedua terbesar di Suriah. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL