pasukan isis di suriah2Moskow, LiputanIslam.com – Militer Rusia menyatakan Angkatan Udara negara ini telah melancarkan sekitar 1,400 serangan sejak Moskow memulai operasi ganyang teroris di Suriah, dan selama satu bulan itu mereka berhasil memusnahkan lebih dari 1,600 target.

Sebagaimana dilansir Russia Today, Kepala Staf Umum Angkatan Bersenjata Rusia Andrey Kartapolov Jumat (30/10) merinci bahwa target yang hancur antara lain 249 pos komando, 51 kamp pelatihan, 131 gudang mesiu dan bahan bakar, dan 786 lapangan basis.

Disebutkan pula bahwa 28 pemimpin teroris “paling menjijikkan” telah dibinasakan, dan dengan bantuan serangan udara Rusia, tentara Suriah berhasil membebaskan lebih dari 50 kota dan desa yang tersebar di beberapa provinsi termasuk Aleppo, Latakia, Idlib, Homs dan Damaskus. Luas wilayah yang berhasil dibebaskan sekitar 350 kilometer persegi (350.000 hektar).

Menurut Kartapolov, meskipun kelompok teroris ISIS mengalami “kerugian yang cukup besar” dan terjadi “mogok massal” pada mereka namun sejauh ini masih terlalu dini untuk berbicara tentang “kemenangan penuh” atas teroris di Suriah. Mereka masih terus melawan pasukan pemerintah Suriah di sejumlah daerah. Tapi “semua upaya serangan balik kawanan teroris dapat ditekan tepat pada waktunya oleh pasukan Suriah.”

Kartapolov mengakui bahwa di beberapa daerah para teroris masih sulit dikalahkan, karena selama sekian tahun mereka telah mengubahnya menjadi lokasi-lokasi taktis yang terlembaga dengan sangat kuat dan dengan jaringan yang luas dari bagian bawah tanah dan tempat persembunyian.

Dia juga mengatakan bahwa para komandan dari beberapa kelompok teroris yang merupakan bagian dari Front al-Nusra telah memutuskan untuk bergabung dengan apa yang disebut “oposisi moderat,” dan dengan cara ini mereka berharap dapat menerima dukungan politik dan finansial dari luar negeri. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL