Moskow, LiputanIslam.com –  Pasukan Arab Suriah (SAA) akan memasuki wilayah-wilayah yang dikuasai oleh milisi Kurdi Suriah. Demikian dikatakan oleh Kepala Direktorat  Operasi Utama Staf Umum Angkatan Bersenjata Rusia Letjen Sergei Rudskoy , Jumat (3/3/2017).

“Pemerintah Suriah telah mengawali langkah-langkahnya untuk memulai aktivitas lembaga-lembaga pemerintahan di Manbij dan kawasan sekitarnya,” lanjutnya.

Dia juga mengatakan bahwa pusat Rusia untuk pengawasan gencatan senjata Suriah telah mengirim paket bantuan kemanusiaan berupa sembako, obat-obatan dan berbagai kebutuhan hidup lainnya untuk penduduk Manbij.

Sementara itu, Jubir Kemhan Rusia Mayjen Igor Konashikov menyatakan pihaknya tidak menerima surat apapun dari Kemhan Amerika Serikat (AS), Pentagon, mengenai kondisi saling berhadapan antara pesawat tempur Rusia dan pesawat tempur AS yang dinilai berbahaya.

Sebelumnya, komandan pasukan udara AS di Eropa dan Afrika, Tod Walters, menyatakan telah terjadi empat kasus saling berhadapan antara jet tempur Rusia dan jet tempur NATO pada tanggal 10 bulan lalu.

Di bagian lain, Kemhan Rusia menyatakan bahwa pasukan udara negara ini telah menghancurkan 300 markas militer kelompok teroris ISIS di kota al-Bab, provinsi Aleppo, Suriah utara.

“Di kawasan al-Bab telah hancur sejumlah gudang senjata dan amunisi, satu markas komando teroris, beberapa pusat konsentrasi personil, mobil pengangkut personil, dan kendaraan lapis baja,” terang Direktorat  Operasi Utama Staf Umum Angkatan Bersenjata Rusia.

Disebutkan pula bahwa pasukan Suriah terus bergerak maju di al-Bab dan meraih kemenangan-kemenangan besar dalam penumpasan teroris ISIS, dan dalam 10 hari terakhir sebanyak 35 kawasan seluas 400 km di al-Bab berhasil dibebaskan dari pendudukan ISIS. (mm/irna/raialyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL