rudal s-300 rusiaMoskow, LiputanIslam.com – Rusia mulai mengirim paket sistem rudal pertahanan udara canggih S-300 ke Iran. Demikian dilaporkan kantor berita Rusia TASS dalam sebuah berita singkatnya sembari mengutip pertanyaan Vladimir Kozhin, ajudan Presiden Rusia Vladimir Putin, Kamis (3/12).

“Kontrak (penyerahan Sistem S-300) mulai diimplementasikan, pengiriman sudah dimulai,” katanya tanpa memberikan keterangan lebih spesifik.

Kesepakatan pemasokan sistem rudal jarak jauh itu ke Iran sebenarnya sudah terjalin pada akhir tahun 2007. Namun pada tahun 2010 Rusia membekukan kesepakatan itu, menyusul penetapan sanksi PBB terhadap Iran.

Pada awal tahun ini Putin menyudahi pembekuan itu setelah Teheran menjalin kesepakatan dengan enam negara terkemuka dunia yang tergabung dalam P5+1 untuk pembatasan program nuklir Iran dengan imbalan pembebasan negara Republik Islam ini dari sanksi internasional.

Bulan lalu para pejabat mengatakan bahwa Rusia dan Iran telah menyelesaikan kontrak pengiriman S-300 ke Iran.

Menurut AP, kontrak ini menimbulkan kekuatiran Israel, Amerika Serikat dan beberapa negara Arab Timur Tengah. Mereka menilai kontrak itu mengusik stabilitas regional. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL