serangan rusia di suriah1Damaskus, LiputanIslam.com – Untuk pertama kalinya jet-jet tempur Rusia menggempur posisi-posisi kawanan teroris di wilayah selatan Suriah, sementara pasukan udara Suriah menggempur posisi-posisi teroris di Rif Aleppo dan berhasil menimpakan banyak kerugian pada kawanan teroris ISIS. Dilaporkan pula bahwa sebanyak 500 anggota ISIS telah dilarikan ke Yaman.

Fars News, Selasa (27/10), memberitakan bahwa serangan udara Rusia di wilayah selatan Suriah yang terjadi Senin petang (26/10) tersebut menjadi pesan penting bagi Rezim Zionis Israel.

Pasukan udara Rusia sudah satu bulan menggempur kelompok-kelompok teroris di Suriah, namun hanya terjadi di bagian utara dan tengah Suriah, dan baru belakangan ini memulai serangan di kawasan selatan Suriah.
Menurut Fars News, serangan terbaru itu menyebabkan kehancuran hebat pada banyak tempat perlindungan teroris di kawasan perbukitan strategis Tal al-Harah dan Tal Antar dekat kawasan Tal al-Adas di pinggiran utara provinsi Daraa. Setelah itu pasukan udara Rusia juga menghancurkan tempat-tempat perlindungan teroris di perbukitan strategis Tal al-Alakiya di pinggiran Daraa.

Menurut Fars News, serangan udara Rusia di wilayah selatan Suriah menjadi pesan penting bagi Israel karena belakangan negara ilegal Zionis itu kerap berusaha mengesankan adanya kesepakatan antara Tel Aviv dan Moskow mengenai kawasan udara di bagian selatan Suriah.

Kematian  Tentara Rusia

Menurut laporan Russia Today, Kementerian Pertahanan (Kemhan) Rusia mengakui satu tentaranya mati di Suriah, namun bukan karena terbunuh di medan pertempuran, melainkan diduga kuat karena “bunuh diri akibat putus cinta”.

Tentara muda itu berusia 19 tahun dan bertugas sebagai teknisi. Dia menghabisi nyawanya sendiri di pangkalan udara Hamim, Latakia, Suriah. Dari pesan-pesan singkat yang tersimpan dalam telefon selulernya diduga kuat dia bunuh diri akibat putus cinta, namun penyelidikan masih dilanjutkan untuk memastikan sebab kematian.

Serangan Pasukan Udara Suriah

Kantor berita Suriah, SANA, menyebutkan bahwa pasukan udara Suriah melancarkan serangan sengit terhadap posisi-posisi kawanan teroris ISIS di Rif Aleppo, Selasa (27/10).

“Serangan difokuskan pada lokasi-lokasi persenjataan dan konsentrasi organisasi ekstrimis itu di desa Sheikh Ahmad di selatan al-Kilyah al-Jawwiyah, distrik Kuwairas timur di bagian timur Rif Aleppo,” kata sumber militer Suriah kepada SANA.

Dia menambahkan bahwa pasukan udara Suriah juga menggempur pergerakan teroris ISIS dan tempat perkumpulan mereka di desa Tabarah al-Sakhanah dan berhasil “menimpakan banyak kerugian senjata dan personil pada kawanan teroris.”

Belakangan ini tentara Suriah yang didukung kelompok-kelompok pertahanan sipil berhasil merebut beberapa desa di Rif Aleppo dari kawanan teroris.

Dilaporkan pula bahwa pasukan Suriah kemarin juga menggempur kubu-kubu teroris ISIS di kawasan al-Bayarat, 10 km barat kota purbakala Tadmur (Palmyra), di bagian timur Rif Homs.

“Serangan ini menghancurkan sejumlah peralatan tempur yang dilengkapi senapan otomatis besar,” kata sumber yang sama.

Sehari sebelumnya tentara Suriah dilaporkan telah menghancurkan sarang-sarang ISISI dan Jabhah al-Nusra di Rahum dan kawasan sekitar desa Um Sihrij di Rif Homs.

Ratusan Anggota ISIS Dilarikan ke Yaman

Juru bicara Pasukan Arab Suriah (SAA) menyatakan bahwa pesawat udara Turki, Qatar dan Uni Emirat Arab (UEA) telah melarikan 500 anggota teroris ISIS dari Suriah ke Yaman.

“Berdasarkan laporan-laporan keamanan, dua pesawat Turki, satu pesawat Qatar, dan satu pesawat UEA telah mendarat di Bandar Aden pada tanggal 16 Oktober ini dan memindah 500 anggota teroris takfiri ISIS dari Yaman,” ungkap juru bicara itu, sebagai dilansir SANA.

Dia menjelaskan bahwa sejak terjadi peningkatan serangan udara Rusia dan ISIS berhasil dipaksa mundur dari berbagai kawasan di wilayah Suriah, banyak anggota teroris ini yang dilarikan ke Yaman dan proses ini masih berlanjut. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL