vitaly churkin rusiaWashington, LiputanIslam.com –   Rusia meminta Arab Saudi ikut berpartisipasi dalam upaya bersama Rusia, Iran dan Turki mencarikan solusi damai untuk krisis Suriah.

Menlu Rusia, Iran dan Turki mengadakan pertemuan di Moskow, ibu kota Rusia, Selasa lalu hingga menghasilkan statemen bersama mengenai upaya penyelesaian konflik yang sudah berkepanjangan di Suriah.

Menurut Churkin, tiga negara ini antara lain menyiapkan kekuatan oposisi “untuk bernegosiasi dengan pemerintah, dan menempatkan mereka di meja yang sama dengan pemerintah, sehingga mereka dapat mengembangkan beberapa pengaturan yang akan memajukan proses politik. ”

“Bagi saya, terlihat sangat penting bagi Saudi untuk mengambil pendirian serupa dan bekerja di arah yang sama,” katanya kepada channel Rossiya 24, Rabu (21/12/2016).

Belum ada tanggapan resmi dari Riyadh terhadap statemen diplomat Rusia tersebut.

Kantor berita resmi Iran, IRNA, melaporkan delapan poin dalam kesepakatan yang telah dicapai dalam pertemuan segi tiga Rusia, Iran dan Turki. Satu di antaranya ialah bahwa mereka menyatakan siap memfasilitasi dan menjamin kesepakatan yang akan dijalin antara pemerintah Suriah dan oposisi, dan mengajak negara-negara lain yang berpengaruh di Suriah agar berbuat hal yang sama. (Baca: Perundingan Segi Tiga Rusia, Iran dan Turki Hasilkan 8 Pasal Kesepakatan Tentang Suriah)

Ketiganya juga menegaskan mendukung penuh mereka kepada kedaulatan dan integritas Suriah sebagai negara yang majemuk dan demokratis, dan memastikan bahwa krisis di negara ini tak dapat diselesaikan dengan cara militer. (mm/rt/raialyoum/irna)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL