russia-and-iraqMoskow, LiputanIslam.com – Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Rusia Kamis (12/6/2014) merilis statemen berisikan seruan kepada masyarakat dunia supaya mendukung pemberantasan terorisme di Irak. Statemen itu juga menyebutkan kerisauan Rusia terhadap perkembangan situasi Irak serta menjelaskan dampak serbuan gerilyawan Daulat Islam Irak dan Suriah (ISIL/ISIS) ke Mosul, kota kedua terbesar di Irak.

Kemlu Rusia menyebutkan, “Akibat tindakan (ISIL) itu banyak orang kehilangan nyawa dan ribuan orang terpaksa meninggalkan rumah dan kampung halaman mereka dan mengungsi menuju wilayah Kurdistan dan kawasan tengah Irak.”

Menurut Kemlu Rusia, gerilyawan ISIL telah meraih banyak senjata dan mesin perang serta membebaskan para tahanan, termasuk sesama teroris, dari penjara-penjara di kawasan Mosul.

Rusia mengecam keras aksi para teroris di Irak, menegaskan dukungannya kepada pemerintah dan semua kekuatan politik Irak dalam upaya memerangi teroris, serta menyerukan kepada segenap elemen di Irak supaya bersatu melawan terorisme.

“Kami tetap percaya bahwa rekonsiliasi dan solidaritas nasional untuk mengatasi berbagai persoalan Irak melalui dialog komprehensif dan pencapaian kesepakatan antarkekuatan politik negara ini akan menjadi rintangan serius bagi para ekstrimis,” ungkap statemen tersebut.

Kemlu Rusia juga meminta masyarakat dunia menyokong perjuangan pemerintah Irak melawan teroris serta menjaga kedaulatan dan integritas negaranya. (mm/irna)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL