Moskow, LiputanIslam.com – Kemhan Rusia telah memberitahu pasukan militer Amerika Serikat (AS) di Suriah bahwa Rusia tak dapat memberikan jaminan keamanan kepada tentara AS di Suriah, terutama dari potensi serangan balasan pasukan Iran.

Kemhan AS, Pentagon, dilaporkan telah menerima surat dari militer Rusia yang berisikan permintaan maaf atas ketidak mampuan Rusia membantu memberikan perlindungan bagi keberadaan tentara AS dari kemungkinan upaya pembalasan dari kelompok-kelompok bersenjata Iran yang berkonsentrasi di Suriah.

Seperti dilaporkan Ray al-Youm, Kamis (19/4/2018), militer Rusia menjelaskan bahwa tak seperti aktivitas militer Suriah sendiri, aktivitas militer Iran di Suriah berada di luar jangkauan koordinasi pusat komando militer Rusia di Suriah.

Dalam surat yang dilayangkan menyusul kontroversi penarikan atau penggantian pasukan AS di Suriah itu militer Rusia menjelaskan kepada AS bahwa pasukan Iran yang ada di Suriah bukanlah “militer” melainkan kelompok-kelompok sporadis yang sebagian besar senjatanya berkelas menengah, dan mereka sama sekali tidak pernah berminat menjalin koordinasi dengan Rusia.

Karena itu, militer Rusia meminta AS untuk melakukan upaya sendiri jika masih akan menyebar atau ketika akan menarik atau mengganti pasukannya karena secara teknis Rusia memang tak dapat memberikan garansi keamanan dalam masalah ini, berbeda halnya dengan tentara Suriah.

Sumber-sumber Yordania menyebutkan bahwa jumlah pasukan AS yang ada di Suriah tidak lebih dari 4000 personil, dan tersebar hanya di tiga posisi dalam bentuk kamp-kamp militer kecil.

Tidak adanya pusat komando operasi bersama untuk koordinasi kelompok-kelompok pasukan Iran dengan tentara Suriah yang berkoordinasi dengan tentara Rusia merupakan berita yang tergolong mengejutkan karena menandakan tidak adanya manajemen bilateral antara Teheran dan Moskow terkait dengan kondisi medan perang di Suriah. Pada gilirannya, surat itu juga menunjukkan adanya perselisihan terselubung antara Iran dan Rusia di medan tempur. (mm/rayalyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL