suriah rusia3Moskow, LiputanIslam.com – Pemerintah Rusia menyatakan pihaknya sama sekali tidak menyalahi undang-undang internasional dalam mengirim perlengkapan militer ke Suriah, dan bisa jadi Rusia juga akan mempelajari pemberian dukungan lebih optimal lagi kepada Suriah dalam perang melawan teroris.

“Kami tak pernah mengkhawatirkan hubungan teknik militer kami dengan Suriah, dan kami sejak dulupun juga sudah menyokong Suriah dengan senjata dan perlengkapan perang. Kami melakukan semua ini dengan mengindahkan perjanjian-perjanjian yang sudah diteken dan sepenuhnya sesuai dengan undang-undang internasional,” ungkap juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia, Maria Zakharova, sebagaimana dilansir Alalam, Rabu (9/9).

Dia juga memastikan adanya para penasehat militer Rusia di Suriah dengan misi melatih tentara Suriah dalam menggunakan produk-produk persenjataan baru Rusia. Namun demikian, dia juga mengatakan tidak tertutup kemungkinan Rusia akan memberikan dukungan lebih dari itu kepada Suriah.

“Jika dirasa perlu mengambil tindakan tambahan dari pihak kami untuk mengoptimalkan penumpasan teroris, maka tak syak lagi kami akan mempelajari masalah ini, dan dalam hal inipun kami tetap bertumpu pada hukum internasional dan undang-undang Rusia sendiri,” katanya.
Sebelumnya, Menteri Informasi Suriah Imran al-Zaabi menepis laporan-laporan mengenai adanya tentara Rusia di tengah barisan pasukan Suriah dalam operasi kontra-terorisme.

“Di Suriah tidak ada pasukan Rusia. Rusia tidak terlibat sama sekali dalam operasi militer laut, udara dan darat di wilayah Suriah,” katanya. (Baca: Suriah Bantah Pasukannya Dibantu Tentara Rusia )

Utusan Presiden Rusia untuk Timur Tengah dan Afrika Mikhail Bugdanov menjelaskan bahwa para penasehat militer Rusia memang harus ada di Suriah untuk melatih tentara Suriah dalam menggunakan perlengkapan militer Rusia yang didatangkan ke Suriah sesuai perjanjian bilateral Moskow – Damaskus dalam bingkai kerjasama teknik militer. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL