Moskow, LiputanIslam.com – Militer Rusia telah mengerahkan empat unit sistem pertahanan udara S-400 milik Negeri Beruang Merah ini ke Suriah.

Dalam video yang dipublikasi oleh Kementerian Pertahanan Rusia, Selasa (23/1/2018) terlihat dua di antara empat unit sistem itu dikirim ke pangkalan udara Hmeimim di provinsi Latakia, Suriah, sedangkan dua unit lainnya dikirim ke fasilitas maritim Rusia yang terletak di kota pesisir Mediterania, Tartus, Suriah.

S-400 adalah alutsista anti-jet tempur buatan terbaru Rusia dan dirancang untuk merontokkan sasaran udara, termasuk rudal balistik, dengan kemampuan melakukannya terhadap 36 target dalam waktu yang bersamaan.

Hmeimim berfungsi sebagai pangkalan udara permanen Rusia di Suriah dan ditambahkan ke Bandara Internasional Bassel al-Assad, yang memiliki beberapa fasilitas lapangan terbang.

Pada 2016, Damaskus dan Moskow menandatangani sebuah perjanjian untuk menyewakan pangkalan tersebut ke pasukan militer Rusia selama 49 tahun, dan dapat diperpanjang selama 25 tahun lagi.

Sejak September 2015 Rusia telah melakukan serangan udara terhadap kawanan teroris di Suriah atas permintaan pemerintah Damaskus.

Didukung kekuatan udara Rusia, pasukan darat Suriah telah mencetak banyak kemenangan dalam perang melawan teroris.

Seorang mantan wakil komandan Angkatan Udara Rusia  menyatakan bahwa angkasa Damaskus, ibu kota Suriah, juga terpayungi oleh S-400. (mm/presstv/shamtimes)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*