Moskow, LiputanIslam.com –  Kemlu Rusia menyatakan kecewa terhadap tindakan Amerika Serikat (AS) menerapkan lagi embargonya terhadap Iran.

“Kami mengecam segala bentuk sanksi secara sepihak terhadap Iran tanpa keputusan dari Dewan Keamanan (PBB), terutama jika sanksi ini menyentuh kepentingan negara ketiga,” ungkap Kemlu Rusia, Selasa (7/8/2018).

Kemlu Rusia mengingatkan bahwa pengalaman selama ini sudah membuktikan bahwa Iran tidak akan mundur akibat tekanan terhadapnya, dan AS juga telah melanggar berbagai prinsip dan ketentuan internasional serta resolusi Dewan Keamanan PBB nomor 2331 yang mendukung perjanjian nuklir Iran.

Kemlu Rusia menambahkan bahwa perjanjian nuklir Iran yang dinamai Joint Comprehensive Plan of Action (JCPOA) sudah terbukti efektif sepenuhnya, dan Badan Tenaga Atom Internasional juga secara berkala sudah mengkonfirmasi konsistensi Iran kepada JCPOA.

Kemlu Rusia kemudian mengimbau masyarakat internasional agar tidak membiarkan prestasi besar yang telah dicapai melalui upaya diplomatik kolektif itu menjadi tumbal bagi obsesi AS untuk menyelesaikan perkaranya dengan Iran mengenai berbagai persoalan yang tak ada kaitannya dengan JCPOA.

Kemlu memastikan bahwa Moskow menempuh semua tindakan yang diperlukan demi menjaga dan menerapkan sepenuhnya perjanjian nuklir Iran tersebut. (mm/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*