UN security council votes to expand sanctions on IranNewYork, LiputanIslam.com –   Wakil tetap Rusia untuk PBB, Vitaly Churkin, Jumat (30/12/2016) menyatakan negaranya akan menyambut baik Mesir, Arab Saudi, Qatar, dan Kuwait jika empat negara Arab ini bergabung dengan upaya segi tiga Rusia, Iran dan Turki menyelesaikan krisis Suriah, terutama dalam persiapan perundingan damai delegasi pemerintah dan oposisi Suriah yang akan digelar di Astana, ibu kota Kazakhstan.

Dia mengatakan, “Mesir merupakan negara yang dapat dilibatkan dalam persiapan pertemuan di Astana, dan juga ada pihak-pihak lain yang sangat penting, termasuk Kerajaan Arab Saudi, Kuwait dan Qatar.”

(Baca: Menhan Iran Minta Saudi Tak Usah Dilibatkan Dalam Perundingan Damai Suriah )

“Kami mengharapkan bergabungnya pihak-pihak lain (dengan perundingan Rusia, Iran dan Turki),” pintanya.

Churkin memastikan Iran “akan berpartisipasi aktif dalam penyiapan pertemuan Astana”, menyusul “pertemuan penting segi di Moskow 20 Desember lalu yang melibatkan para menteri luar negeri Rusia, Iran dan Turki.”

Dia menyatakan bahwa bekerjasama dengan Turki, Rusia mengajukan draf resolusi yang akan disidangkan oleh Dewan Keamanan PBB dengan tujuan mendukung kesepakatan perjanjian gencatan di Suriah antara pemerintah dan oposisi Suriah yang telah diumumkan oleh Rusia, Turki, dan Rusia pada Kamis malam dan diterapkan sejak Jumat.

“Setelah ada upaya maraton Rusia dan Turki, diumumkanlah dokumen penting yang menuntut dihentikannya perang di Suriah dan mendesak pemerintah dan oposisi agar berunding secara langsung di Astana pada akhir-akhir Januari mendatang. Karena itu kami bekerjasama dengan utusan Turki membagikan dokumen-dokumen resmi di Dewan Keamanan dan menyiapkan draf resolusi untuk ratifikasi dokumen-dokumen ini. Kami telah membagikan draf itu malam lalu, dan saya berniat memaparkannya hari ini dalam pertemuan dewan, kepada para anggota,” papar Churkin.

Dia berharap Dewan Keamanan PBB meratifikasi draf resolusi yang diajukan oleh Moskow dan Ankara itu untuk dilakukan pemungutan suara atasnya hari ini, Sabtu. Dia juga menyambut baik partisipasi negara manapun dalam “negosiasi serius”  untuk meredakan krisis Suriah. (mm/raialyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL