iran-dan-rusiaMoskow, LiputanIslam.com –   Wakil Menlu Rusia Mikhail Bogdanov mengaku dalam kunjungannya ke Teheran telah memberitahu pemerintah Iran ihwal usulan Amerika Serikat (AS) mengenai penyelesaian krisis Suriah, sementara Kremlin menyatakan bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin telah melayangkan surat kepada pemimpin Iran.

Dalam keterangan persnya, Senin (5/12/2016), Bogdanov mengaku telah berdiskusi dengan para pejabat Iran mengenai usulan yang dikemukakan Menlu AS John Kerry kepada Menlu Rusia Sergei Lavrov tersebut.

Bogdanov juga menyebutkan bahwa dalam pertemuan dua menteri ini telah dicapai kesepakatan untuk penyelenggaraan perundingan pada 2-3 hari ke depan delegasi pakar Rusia dengan delegasi pakar AS di Jenewa mengenai beberapa persoalan Aleppo timur.

Sabtu lalu Lavrov mengatakan bahwa Kerry telah menyampaikan beberapa usulan mengenai penyelesaian krisis Aleppo yang isinya “sesuai dengan pendirian Rusia.”

Sementara itu, Kremlin menyatakan bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin telah melayangkan surat kepada Pemimpin Besar Iran Grand Ayatullah Ali Khamenei, namun Kremlin menolak menjelaskan isi surat itu.

“Saya dapat memastikan itu, tapi tak dapat mengungkapkan rinciannya,” kata jubir Kremlin Dmitry Peskov .

Seperti diketahui, Iran dan Rusia sama-sama mendukung pemerintahan Presiden Suriah Bashar al-Assad dalam memerangi kelompok-kelompok pemberontak dan teroris, sementara AS dan negara-negara Barat lainnya menyokong kubu pemberontak dan menginginkan tergulingnya al-Assad. (mm/rt)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL