kapal-induk-rusia-admiral-kuznetsovTartous, LiputanIslam.com –  Negeri Beruang Merah Rusia telah melepaskan kapal induknya, Admiral Kuznetsov, untuk melakukan pelayaran panjang menuju pelabuhan Tartous, Suriah, dengan membawa lusinan helikopter dan jet tempur.

Seperti dikutip Almasdar News Sabtu (15/10/2016), South Front melaporkan, “Admiral Kuznetsov memiliki sekitar 15 jet tempur Su-33 dan MiG-29K / KUB serta lebih dari sepuluh helikopter Ka-52K, Ka-27 dan Ka-31, yang akan melancarkan serangan terhadap gerilyawan di Suriah dari bagian timur Laut Mediterania. ”

Layanan pers armada Rusia dalam statemennya menyebutkan bahwa pasukan gugus tugas Armada Utara Rusia memulai pelayarannya menuju Atlantik Utara-Timur dan Laut Mediterania.

“Kelompok ini terdiri atas kapal induk Admiral Kuznetsov, battlecruiser Pyotr Velikiy, kapal besar anti-kapal selam Severomorsk dan Vice-Admiral Kulakov serta kapal dukungan,” bunyi statemen itu.

Ditambahkan bahwa pengiriman armada ini bertujuan “memastikan keberadaan angkatan laut Rusia di kawasan penting Ocean World,” dan “secara khusus difokuskan pada penjagaan keamanan lalu lintas maritim dan kegiatan lain ekonomi maritim Rusia serta respon terhadap ancaman modern jenis baru seperti pembajakan dan terorisme internasional.”

Angkatan laut Rusia di Laut Mediteranian selama ini juga terlibat dalam operasi penumpasan teroris ISIS dan Jabhat al-Nusra (Jabhat Fateh al-Sham) di Suriah.

Sebelumnya, Angkatan Laut (AL) Ingggris memastikan Rusia akan mengirim armada kapal induk mendekati wilayah Inggris akhir bulan ini, setelah kedua negara berselisih tajam mengenai krisis Suriah. Inggris dan sekutu NATO-nya lantas menyusun rencana untuk mengawal hingga delapan kapal perang Rusia yang diyakini akan mendekati wilayah Inggris.

AL Inggris menduga Kremlin akan memanfaatkan pelayaran armada kapal induk ini sebagai kesempatan untuk unjuk gigi saat melintasi selat Inggris. Armada kapal induk Rusia juga diperkirakan bakal menggelar latihan militer di kawasan lepas pantai Inggris dan Prancis.

Kapal perang Angkatan Laut Inggris Type 23 fregat dan Type 45 sedang dipersiapkan untuk memantau armada kapal induk Rusia jika setiap saat muncul. Selain itu, pesawat mata-mata RAF Rivet Joint, C130 Hercules dan jet Typhoon juga akan siaga.

Militer Rusia memang pernah mengumumkan akan mengirim armada kapal induk Admiral Kuznetsov ke Laut Mediterania dan siaga di lepas pantai Suriah hingga lima bulan. Tapi, Rusia tidak menyebut armada kapal induk itu akan melewati Selat Inggris. (mm/almasdarnews/tass/reuters)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL