vitaly churkin rusiaNewYork, LiputanIslam.com –  Wakil tetap Rusia di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Vitaly Ivanovich Churkin menegaskan keharusan menjaga integritas nasional Suriah dan menyebut pengiriman pasukan Arab Saudi dan Turki ke Suriah sebagai agresi.

“Pengiriman pasukan Saudi dan Turki ke Suriah akan dianggap sebagai agresi seperti yang pernah dinyatakan oleh pemerintas Suriah,” ungkapnya, sebagaimana dilansir Suriah al-An, Kamis (11/2).

Lebih lanjut dia menyerukan kepada segenap faksi di Suriah, termasuk kalangan yang bersuku Kurdi, supaya terlibat dalam perundingan untuk mengatasi krisis.

Menurutnya, kemelut di Suriah sangat kompleks dan harus diselesaikan melalui jalur diplomatik.

“Masyarakat internasional menyadari bahwa krisis di sana memilik watak yang jauh lebih pelik daripada apa yang terlihat pada kali pertama,” tuturnya.

Mengenai operasi anti teror Rusia di Suriah dia menegaskan bahwa tindakan Negeri Beruang Merah itu tidak keluar dari hukum internasional, dilakukan atas permintaan pemerintah Suriah, dan berbeda dengan apa yang dilakukan oleh koalisi internasional pimpinan Amerika Serikat yang jelas-jelas menyalahi hukum internasional.

Sementara itu, koran Independent Jumat (12/2) dalam sebuah laporannya mengingatkan bahwa masuknya angkatan darat Arab Saudi dan negara-negara Arab Teluk Persia lainnya beresiko mengobarkan perang besar yang tak akan ada habisnya.

Koran yang berbasis di London, Inggris, ini mengutip pernyataan Perdana Menteri Rusia Dmitry Medvedev bahwa masuknya negara-negara tersebut ke Suriah dapat memicu Perang Dunia III.

Seperti diketahui, beberapa waktu lalu juru bicara Kementerian Pertahanan Saudi Ahmad al-Asiri menyatakan pihaknya siap mengirim pasukan darat ke Suriah di bawah komando pasukan koalisi internasional pimpinan Amerika Serikat (AS).

Pengiriman pasukan itu direncanakan dengan kedok memerangi gerombolan teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS), namun banyak kalangan menduga bahwa tujuan utama Saudi adalah memerangi pemerintahan Presiden Suriah Bashar al-Assad (Baca: Menimbang Aksi Nekat Saudi Untuk Petualangan di Suriah) (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL