vitaly-churkin-rusia

Dubes Rusia untuk PBB Vitaly Churkin

Washington, LiputanIslam.com –   Rusia menyatakan akan memveto resolusi  PBB yang digagas Perancis untuk menyerukan gencatan senjata di kota Aleppo dan penerapan larangan terbang semua pesawat di angkasa kota tempat kawanan bersenjata terkepung oleh pasukan Suriah dan sekutunya tersebut.

Duta Besar Rusia untuk PBB Vitaly Churkin mengatakan kepada wartawan bahwa daripada menghentikan serangan udara Rusia dan Suriah di Aleppo, Dewan Keamanan PBB lebih baik mempelajari  gagasan Utusan Khusus PBB untuk Suriah Staffan de Mistura yang mencanangkan supaya kelompok-kelompok teroris yang terafiliasi dengan al-Qaida meninggalkan Aleppo.

Usai penjelasan de Mistura kepada Dewan Keamanan PBB  Jumat (7/10/2016),  Churkin mengatakan, “Usulan Perancis sangat tergesa-gesa dikemukakan secara bersamaan, dan saya terus terang percaya bahwa ini dirancang bukan untuk membuat kemajuan, melainkan untuk mendatangkan  veto Rusia. ”

Sementara itu, juru bicara Kemlu Suriah Maria Zakharova mengingatkan bahwa perubahan pemerintahan di Suriah akan menimbulkan resiko yang jauh lebih buruk daripada apa yang terjadi di Irak dan Libya.

“Jika Suriah berjalan dalam skenario Libya seperti dikehendaki oleh banyak pihak maka ledakannya akan lebih dahsyat daripada apa yang terjadi di Libya. Semua tindakan yang sudah dimulai di kawasan dan telah keluar dari batasannya –terorisme dan pengungsian- akan terlihat main-main dibanding apa yang akan terjadi apabila kita membiarkan penerapan skenario Libya atau Irak di Suriah,” ujarnya.

Dia menambahkan, “Akibatnya akan puluhan kali lebih buruk daripada apa yang sudah terjadi sebelumnya.” (mm/sputnik/RT)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL