Beirut, LiputanIslam.com – Mantan wakil kepala dewan negosiasi oposisi Suriah pada “Konferensi Riyadh 2” Khaled Mahameed menyatakan bahwa sesuai kesepakatan internasional Rusia akan bergerak menumpas kelompok teroris Jabhat al-Nusra dan kelompok-kelompok lain sekutunya di bagian utara Suriah dengan partisipasi Turki.

Sebagaimana dilansir laman kubu oposisi Suriah, Mahameed mengatakan, “Rusia sedang menuju ke arah penumpasan al-Nusra dan para sekutunya di Suriah utara, dan langkah  ini dilakukan sesuai kesepakatan antara Moskow dan Washington, mungkin mulai dilaksanakan pada satu bulan ke depan. Bahkan ada kesepakatan internasional tentang ini, di mana Turki akan berpartisipasi.”

Menurut Mahameed, rencana penumpasan al-Nusra merupakan rencana “ketat” Rusia sehingga tidak akan mundur. Dia mengatakanbahwa al-Nusra adalah kelompok yang telah terusir ke Idlib dari kamp pengungsi Yarmouk di selatan Damaskus.

Sebelumnya, Mahamed menyatakan bahwa di Idlib terdapat 15,000 teroris non-Suriah, yang sebelumnya telah berperang di Bosnia dan di daerah lain, dan mereka memiliki sel keamanan yang sangat kuat, sementara milisi oposisi “al-Jaish al-Hur” tidak memiliki pengalaman sehingga sekarangpun juga tidak memiliki kemampuan untuk menyingkirkan al-Nusra. (mm/arabitoday)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*