Moskow, LiputanIslam.com –  Juru bicara Presiden Rusia Dmitry Peskov menyatakan negaranya akan mengadakan pembicaraan dengan Iran mengenai kehadiran delegasi Amerika Serikat (AS) dalam perundingan damai Suriah yang dalam waktu dekat ini akan digelar di Astana, ibu kota Kazakhstan.

Hal ini dinyatakan Peskos, Kamis (19/1/2017), setelah sehari sebelumnya Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov menyebutkan kemungkinan partisipasi delegasi pemerintahan baru AS dalam perundingan Suriah-Suriah yang akan diselenggarakan di Astana Senin, 23 Januari 2017, dengan dukungan Rusia, Iran, dan Turki.

“Kami terus menjalin kontak dengan para mitra Iran kami mengenai perundingan damai Suriah,” lanjut Peskov, sebagaimana dilansir TASS milik Rusia.

Dia mengatakan ada kerjasama erat antara Moskow dan Teheran untuk membantu memberikan solusi politik bagi krisis Suriah, namun dia tidak memberikan keterangan lebih jauh mengenai materi yang dibicarakan dalam kontak itu maupun tema yang akan dibicarakan dalam perundingan Astana.

Sejauh ini sudah dipastikan bahwa perundingan Astana akan dihadiri oleh delegasi pemerintah Suriah, delegasi kelompok-kelompok oposisi bersenjata Suriah, dan tiga negara Rusia, Iran, dan Turki selaku segi tiga penjamin gencatan senjata Suriah yang telah diterapkan sejak 30 Desember 2016.

Rencana perundingan Astana dinyatakan dalam deklarasi hasil perundingan para menlu Rusia, Iran dan Turki di Moskow pada 20 Desember 2016. Perundingan Astana ditujukan untuk memecah kebuntuan perundingan damai Suriah yang pernah dilakukan tujuh bulan lalu di Jenewa, Swiss.

Deklarasi hasil perundingan segi tiga itu menegaskan beberapa poin antara lain penumpasan kelompok teroris ISIS dan Jabhat al-Nusra, seruan kepada khalayak dunia agar berpartisipasi aktif dalam penumpasan terorisme, pemeliharan kedaulatan dan integritas Suriah, penolakan terhadap solusi militer bagi krisis Suriah, pelaksanaan resolusi 2254 Dewan Keamanan PBB, bantuan kepada rakyat Suriah,dan diselenggarakannya perundingan Suriah-Suriah di Kazakhstan. (mm/tass/irna)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL