Rudal Yaman Burkan 1Sanaa, LiputanIslam.com –  Sumber militer Kemhan Yaman menyatakan bahwa pasukan rudal negara ini telah menghantam Bandara King Abdulaziz, Jeddah, dengan rudal balistik kelas Burkan 1, Kamis (27/10/2016). Tanpa ada laporan lebih lanjut, sumber itu menambahkan bahwa rudal itu tepat mengena sasaran hingga menimbulkan kerusakan besar.

Di pihak lain, pasukan koalisi pimpinan Arab Saudi di hari yang sama mengaku berhasil merontokkan rudal balistik di lokasi yang berjarak 65 km dari kota suci Mekkah al-Mukarramah. Menurut koalisi ini, rudal itu diluncurkan oleh milisi Houthi (Ansarullah) dari provinsi Sa’dah, Yaman utara.

Koalisi juga menyebutkan bahwa dalam satu bulan ini rudal tersebut merupakan yang kedua kali diluncurkan Houthi ke arah Mekkah. Rudal sebelumnya diluncurkan dari Yaman “menuju Mekkah” pada 9 Oktober lalu.

Pasukan koalisi yang mengagresi Yaman ini sengaja membawa-bawa nama Mekkah agar negara-negara Arab dan Islam lainnya ikut memerangi Ansarullah yang telah menggerakkan revolusi rakyat yang berujung tersingkirnya Presiden Yaman Abd Rabbuh Mansour Hadi dari Sanaa, ibu kota Yaman, dan Hadi adalah yang bersekutu dengan Saudi.  (mm/alalam/spa)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL