balistik iranTeheran, LiputanIslam.com – Pejabat senior pertahanan Iran menyatakan rudal balistik negaranya siap menangkal segala ancaman terhadap integritas teritorial negara republik Islam ini. Wakil Menteri Pertahanan Iran Brigjen Amir Hatami Rabu (3/9) memastikan bahwa rudal balistik yang dimiliki Angkatan Bersenjata Iran telah memenuhi “kapabilitas strategis” untuk membidik dengan sangat tepat sasaran-sasaran di darat dan laut.

“Pesan yang terkandung dalam kekuatan (militer) ini ialah bahwa kami dapat menghancurkan segala bentuk sumber ancaman di darat dan laut serta mengusir musuh dari perbatasan Republik Islam Iran,” ujarnya, sebagaimana dilansir PressTV.

Dia menambahkan bahwa Iran masih terus merancang dan membuat semua kebutuhan jarak pendek, jarak menengah dan jarak jauh sistem pertahanan udara, serta kapal perang dan kapal selam.

Menurutnya, semua jenis alutsista buatan Iran itu dilengkapi perangkat perang elektronik serta rudal dan sistem pertahanan udara yang serba canggih.

Senin (1/9) Iran memamerkan dua sistem radar buatan dalam negeri yang masing-masing diberinama “Arash-2” dan “Kayhan” serta berkemampuan mendeteksi pesawat siluman dan target-target jarak jauh.

Kayhan yang merupakan sistem radar dua dimensi mampu mendeteksi dan melacak target-target di udara, termasuk pesawat terbang konvensional dan jet-jet siluman yang melesat di ketinggian ekstra.

Sedangkan sistem radar Arash-2 dapat melacak target hingga ketinggian 100,000 kaki.

Rencananya, akhir bulan ini Iran juga akan memamerkan produk barunya berupa sistem pertahanan rudal dari permukaan ke udara yang diberinama “Talash-3” dan telah sukses diujicoba belum lama ini.

Dalam beberapa tahun terakhir Iran telah menempuh langkah-langkah besar di bidang pertahanan dan berhasil mencapai swasembada di bidang alutsista pamungkas.

Pemerintah Iran berulangkali menegaskan bahwa semua capaian dan prestasi besarnya di bidang alutsista sama sekali bukan dalam rangka mengancam negara manapun. Teheran beralasan bahwa doktrin pertahanan Iran semata-mata berpijak pada prinsip pencegahan. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL