Teheran, LiputanIslam.com – Presiden Iran Hassan Rouhani menyatakan bahwa usulan negara-negara Eropa terkait dengan perjanjian nuklir Iran mengecewakan karena tidak sepenuhnya merespon kebutuhan Iran.

Dalam kontak telefon dengan Kanselir Jerman Angela Merkel, Kamis (5/7/2018),  Rouhani menyebutkan bahwa Amerika Serikat (AS) telah keluar secara sepihak dari perjanjian nuklir Iran, dan kemudian Iran  memberikan ultimatum kepada Eropa untuk menyatakan sikapnya secara tegas dan gamblang mengenai kelanjutan perjanjian ini.

Rouhani mengingatkan bahwa keluar AS dari perjanjian ini disusul dengan terjadinya banyak kesulitan bagi Iran di berbagai sektor ekonomi, relasi perbankan dan perminyakan, dan berbagai pihak investor asing menjadi ragu dalam melanjutkan kegiatannya di Iran.

Terkait dengan usulan tiga negara terkemuka Eropa Inggris, Perancis, dan Jerman mengenai mekanisme komitmen dan kerjasamanya dalam perjanjian nuklir, Rouhani menilainya mengecewakan Iran.

“Sayang sekali, (usulan itu) tidak menjamin adanya mekanisme yang implementatif dan metode yang terukur untuk kelanjutan kerjasama, dan malah menyebutkan beberapa komitmen umum pada tataran yang sama dengan statemen-statemen Uni Eropa sebelumnya,” ujarnya.

Dia menambahkan bahwa Iran dua bulan menunggu tanggapan Eropa. Dia juga berharap pertemuan lima menteri luar negeri di Wina, Austria, pada hari ini, Jumat (6/7/2018) dapat menghasilkan optimisme dan pesan yang tegas mengenai kelanjutan perjanjian nuklir Iran.

Di pihak lain, Merkel dalam percakapan telefon tersebut menyatakan bahwa usulan yang telah diajukan kepada Iran memang telah menyinggung berbagai persoalan general dan substansial sehingga perlu adanya kelanjutan perundingan mengenai rinciannya.

“Yang penting ialah kita mengetahui dan yakin bahwa kami menghendaki kelanjutan perjanjian nuklir, dan meyakini keharusan dilanjutkannya perundingan dengan tenang untuk mencapai hasil yang memadai,” ungkapnya. (mm/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*