Hassan-RouhaniTeheran, LiputanIslam.com –  Proses perjanjian nuklir Iran dengan negara-negara besar dunia terlihat mengalami kendala serius akibat tekanan baru Amerika Serikat (AS) terhadap Iran. Presiden Iran Hassan Rouhani menegaskan tidak mungkin Teheran akan menandatangani perjanjian yang memungkinkan siapapun untuk mengintip rahasia sains dan militer Iran.

Hal itu dia ungkapkan saat memimpin rapat dewan administrasi provinsi Azerbaijan Timur di barat daya Iran. Dia mengatakan bahwa masalah itu merupakan “garis merah” pemerintah Iran sehingga harus diindahkan oleh perunding nuklir.

“Pemerintah mengikuti petunjuk-petunjuk Pemimpin Besar Revolusi Islam Iran (Grand Ayatullah Ali Khameneo), dan tidak akan pernah meneken kesepakatan apapun yang memungkinkan setiap orang untuk mengintai rahasia sains dan militer (Iran),” katanya, sebagaimana dilansir Alalam, Kamis (21/5).

Sebelumnya, Ayatullah Khamenei menegaskan Iran tidak akan pernah memperkenankan pihak asing melakukan pemeriksaan terhadap pusat-pusat militer maupun interogasi terhadap para ilmuwan nuklir Iran.

“Mereka (AS) mengatakan bahwa para ilmuwan nuklir Iran harus boleh diwawancara. Ini berarti bahwa mereka bermaksud melakukan interogasi. Kami juga tidak akan memperkenankan penistaan martabat para ilmuwan nuklir dan para pakar bidang-bidang penting lain maupun anak-anak bangsa ini yang bangkit di bidang sains nuklir,” ungkapnya.

Di pihak lain, AS menyebut penolakan Iran terhadap wawancara tim inspeksi nuklir internasional dengan para ilmuwan nuklir Iran sebagai “tebing terjal” bagi perjalanan negosiasi nuklir Teheran dengan negara-negara besar dunia.

“Jika kita tidak mendapatkan jaminan yang kita perlukan untuk mencapai dimensi militer yang diduga (dalam program nuklir Iran) serta tempat-tempat dan kegiatan-kegiatan terkait maka ini akan menjadi kendala bagi kita. Ini sudah kita katakan, dan kita akan melihat apakah ini dapat diterapkan dalam lima pekan mendatang,” ungkap Juru Bicara Kementeri Luar Negeri AS, Marie Harf. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL