روحاني: التطرف والقتل والارهاب ليست من الاسلامTeheran, LiputanIslam.com – Presiden Iran Hassan Rouhani menegaskan bahwa radikalisme, pembunuhan dan terorisme sama sekali tidak ada kaitannya dengan Islam dan karakteristik sebagai agama penebar kasih sayang.

Hal itu dia tegaskan dalam acara pemberian anugerah kepada penulis buku terbaik tahun ini (tahun 1339 kalender Hijriah Syamsiah yang berlaku di Iran) kepada sejumlah penulis dan pemikir terkemuka Iran di Teheran, Minggu (8/2/2015).

Dia menegaskan bahwa sudah menjadi tugas dan kewajiban bagi para penulis dan intelektual untuk “menjelaskan Islam yang rahmani (penuh kasih sayang), meredam ketegangan dan memasyarakatkan pergaulan yang sehat seluruh penjuru dunia.”

“Anda sebagai penulis mengemban tanggungjawab besar menyebarkan pandangan dan spirit revolusi Islam serta menyampaikan pesan kepada penduduk dunia bahwa revolusi kita adalah revolusi moderat, yang menolak marginalisasi peranan akal dan kitab suci. Dalam revolusi ini tidak ada radikalisme, melainkan bersandar pada rasionalitas, intelektualitas dan pendalaman, yaitu pemikiran yang mengandung nilai-nilai luhur yang bertujuan mengatasi semua problematika manusia di bidang materi dan spiritual,” tuturnya, sebagaimana dilansir Alalam.

Menyambut HUT ke-33 kemenangan revolusi Islam Iran, dia menjelaskan bahwa akar-akar revolusi ini terhubung dengan al-Quran dan sunnah Nabi saw. Menurutnya, karya-karya intelektual pemimpin besar revolusi Islam Iran Imam Khomaini yang terdiri atas beberapa buku, risalah dan pidato berperan besar dalam kejayaan revolusi ini.

Rouhani menyebutkan bahwa buku “pemerintahan Islam” yang ditulis Imam Khomaini selama hidup di pengasingan di kota Najaf, Irak, dan yang kemudian diselundupkan ke Iran adalah buku terbaik dalam sejarah revolusi Islam, karena buku inilah yang berhasil membawa bangsa Iran kepada periode baru.

“Semua kalimat dan pidato Imam Khomaini pasca kemenangan revolusi Islam dapat kita ringkas dalam kesimpulan bahwa semua itu telah membuka cakrawala baru mengenai pengelolaan urusan masyarakat dalam atmosfir pemerintahan Islam. Statemen, pidato dan wasiat beliau merupakan petunjuk dan pedoman bagi kami,” ungkapnya. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL