Hassan-RouhaniTeheran, LiputanIslam.com –   Presiden Iran Hassan Rouhani kembali bersuara tentang tercapainya kesepakatan nuklir Iran dengan negara-negara besar dunia.  Kali ini, sebagaimana dilansir Alalam, Rabu (15/7), dalam pertemuan dengan semua jajaran pejabat tinggi Iran di Teheran dia menyebut negosiasi seperti yang terjadi berkenaan dengan program nuklir Iran sebagai peristiwa langka yang bahkan belum pernah terjadi dalam sejarah diplomatik dunia dan bisa jadi juga akan kekal dalam sejarah.

“Gambaran keliru yang mengemuka sejak awal revolusi (Iran) hingga sekarang berkenaan dengan Republik Islam Iran pada level opini umum di Barat dan para pejabat tinggi politik di sana kini sudah berubah,” tuturnya.

Dia menjelaskan bahwa selama ini Barat selalu memandang Republik Islam Iran sebagai ancaman bagi perdamaian, keamanan dan stabilitas regional dan global.

“Berita-berita dan analisis-analisis dusta yang pernah disebar musuh dan para ambisius telah mengobarkan masalah ini sehingga berkas nuklir Iran dibawa ke Dewan Keamanan (PBB) dan dicantumkan di bawah Pasal 7 Piagam PBB sebagai negara yang mengancam keamanan dan perdamaian dunia,” ungkapnya.

Menurutnya, negara-negara besar dunia kini sudah menyadari bahwa tekanan dan embargo ekonomi terhadap Iran adalah tindakan sia-sia dan bahkan lebih merugikan kepentingan mereka.

“Karena itu, di depan mereka tak ada jalan lain kecuali berunding, dan dalam hemat kamipun perundingan adalah jalan yang terbaik sebagaimana telah kami tekankan sejak awal,” katanya.

Seperti diketahui, perundingan nuklir Iran dengan kelompok P5+1, yaitu lima negara anggota tetap Dewan Keamanan (DK) PBB (Amerika Serikat, Inggris, Perancis, Rusia, dan Cina) plus Jerman serta Komisaris Tinggi Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa di Wina, Austria, akhirnya menghasilkan kesepakatan final pada Senin (14/7) untuk mengatasi kecurigaan Barat terhadap program nuklir Iran.

Kepala Badan Tenaga Nuklir Iran Ali Akbar Salehi menyatakan bahwa alih-alih menghentikan aktivitas nuklir Iran, kesepakatan itu justru akan mengotipmalnya. Dia juga menilai keberhasilan Iran ini tak lepas dari kuatnya peran Pemimpin Besar Revolusi Islam Iran Grand Ayatullah Ali Khamenei dan dukungannya kepada tim perunding nuklir Iran.pesta keberhasilan nuklir iran2

Ayatullah Khamenei sendiri segera menyampaikan apresiasinya atas keberhasilan negosiasi nuklir Iran serta kesungguhan dan ketangguhan tim perunding nuklir Iran, dalam pertemuan dengan Presiden dan para pejabat senior Iran lainnya, di Teheran Selasa malam (14/7).

Malam itu pula jalanan di ibu kota Iran itu diwarnai pesta sukacita rakyat Iran atas tercapainya kesepakatan nuklir, mengakibatkan kemacetan total pada arus lintas di berbagai kawasan.  Jalanan juga diriuhkan oleh para pengendara mobil yang tak henti-hentinya membunyikan klakson untuk menandai sukacita mereka.  Sebagian masyarakat yang bersorak sorai juga menunjukkan poster-poster tim perunding nuklir Iran serta meneriakkan slogan-slogan dukungan mereka kepada hasil perundingan.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif menyatakan bahwa perundingan nuklir Iran yang telah berlangsung di Wina memiliki banyak dimensi dan keistimewaan yang akan dijelaskan dan diumumkan di kemudian hari. Dia juga mengatakan bahwa DK PBB pekan depan akan merilis resolusi berisikan pengakuan atas program nuklir Iran. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL