Rouhani says Syria peace at Geneva II ‘very difficult’Teheran, LiputanIslam.com – Pemerintah Iran menyatakan negaranya akan terus melakukan pengayaan uranium untuk proyek energi nuklir yang telah dibuktikan bertujuan damai kepada publik dunia.  Presiden Republik Islam Iran Hassan Rouhani dalam rapat kabinet di Teheran Rabu (19/03/2014) menuturkan, “Kami telah menempuh langkah awal untuk mengatasi isu nuklir Iran dengan baik sehingga sebagian sanksi sudah dapat di atasi. Dunia mengakui bahwa Iran telah dan akan senantiasa menjadi salah satu negara berteknologi nuklir, dan tak ada orang yang meragukan soal ini.”

Presiden Iran juga menekankan bahwa pengayaan uranium akan terus dilakukan hingga mencapai level yang dibutuhkan negaranya, dan dalam rangka ini Iran selalu siap untuk lebih transparan guna mengatasi kecurigaan pihak asing. “Kami ingin memiliki teknologi yang memadai, tapi di saat yang sama kami tidak ingin menimbulkan kerisauan pada siapapun, dan ini sudah terbukti dalam perjanjian sementara yang berjangka waktu enam bulan,” imbuh Rouhani.

Menurut Rouhani, negosiasi nuklir yang sedang berlangsung belakangan ini sebenarnya masih sulit untuk dapat menelorkan perjanjian final. “Namun,” ujarnya, “jika pihak lawan memiliki iktikad baik maka kita dapat melewati tahap yang notabene terakhir ini untuk meraih kesepakatan final.” Dia berharap perjanjian final akan dapat dicapai dalam kurun waktu enam bulan ke depan.

Statemen demikian dikemukakan Presiden Iran sebagai tanggapan atas surat 83 senator Amerika Serikat (AS) kepada Presiden Barack Obama yang berisikan desakan supaya Gedung Putih menolak pengayaan uranium Irak.

Iran dan negara-negara yang tergabung dalam Kelompok 5+1 (AS, Inggris, Perancis, Jerman, Rusia, dan Cina) telah menyelesaikan putaran terbaru negosiasi nuklir Iran di Wina, Rabu (19/03/2014). Kedua pihak sama-sama mengakui  perundingan ini bermanfaat dan konstruktif. (mm/prestv/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL