Teheran, LiputanIslam.com –  Presiden Republik Islam Iran Hassan Rouhani mengumumkan bahwa negaranya berencana meluncurkan dua satelit ke ruang angkasa minggu depan, menggunakan roket yang dikembangkan oleh sumber daya manusia dalam negeri.

Hal ini dia sampaikan dalam pidatonya  pada upacara yang menandai haul tahun ke-2 wafatnya mantan Presiden Iran Ali Akbar Hashemi Rafsanjani, Kamis (10/1/2019).

Rohani mengatakan kemampuan pertahanan dan kemampuan teknologi Iran saat ini merupakan hasil upaya dan jerih payah Rafsanjani.

Dia menyebut Rafsanjani sebagai tokoh politik unik di Iran yang telah memainkan peran penting dalam perang Iran-Irak.

Mengenai satelit baru Iran Rohani mengatakan, “Minggu depan kami akan meluncurkan dua satelit ke ruang angkasa dengan roket buatan kami.”

Presiden Iran tidak memberikan rincian lebih lanjut tentang kedua satelit tersebut.

Sehari sebelumnya, Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif kepada Reuters menegaskan bahwa hukum internasional tidak melarang program ruang angkasa Iran, dan karena itu Teheran akan melanjutkannya meskipun mendapat tekanan dari AS.

Senada dengan ini, Menteri Teknologi Informasi dan Komunikasi Iran Mohammad Javad Azari Jahromi , Senin lalu, mengatakan bahwa Iran tidak akan meminta izin kepada siapa pun dalam mengembangkan program kedirgantaraannya yang bertujuan damai.

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo pekan lalu memperingatkan Iran agar membatalkan rencana peluncuran satelit itu sembari menyebutkan bahwa teknologi peluncuran satelit dapat digunakan untuk rudal balistik antarbenua yang dapat menjangkau daratan AS. (mm/raialyoum/presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*