روحاني: صمود سوريا اثبت ان خط المقاومة لايمكن هزمهTeheran, LiputanIslam.com – Presiden Republik Islam Iran Hassan Rouhani menegaskan bahwa kesolidan pasukan militer dan rakyat Suriah telah memberikan pelajaran kepada semua penentang kubu muqawamah (perlawanan terhadap Israel) dan semua pihak yang anti kemerdekaan dan kehormatan nasional Suriah bahwa kubu resistensi tak dapat dirobohkan dan pemerintahan yang sah tak dapat digulingkan dengan konspirasi yang ditunjang dengan bantuan dana dan militer pihak-pihak asing.

Sebagaimana dilaporkan Alalam, hal tersebut dikemukakan Rouhani dalam pertemuan dengan Perdana Menteri Suriah Wael Nader al-Halqi di Teheran, Selasa (16/12).
“Opini publik dunia telah menangkap realitas bahwa tentara dan rakyat Suriah bangkit berjuang melawan kelimpok-kelompok teroris dan konspirasi asing,” kata Rouhani.

Dia memastikan bahwa persoalan Suriah hanya dapat diselesaikan melalui jalur dialog dan perundingan antarelemen politik Suriah sendiri, dan pemerintah dan rakyat Iran sangat mengharapkan pulihnya keamanan Suriah serta kepulangan semua pengungsi ke kampung halaman masing-masing.

Di pihak lain, Perdana Menteri al-Halqi menyampaikan ucapan terima kasih Presiden Suriah Bashar al-Assad kepada Pemimpin Besar Revolusi Islam Iran serta Presiden dan rakyat Iran.

“Pemerintah dan rakyat Suriah menyampaikan apiresiasi kepada pemerintah dan rakyat Iran yang telah mendukung Suriah selama empat tahun perang yang dilancarkan secara zalim terhadap Suriah,” ungkapnya.

Dia juga menegaskan bahwa pasukan militer Suriah yang didukung pasukan rakyat telah meraih kemenangan demi kemenangan dalam menghadapi gerombolan-gerombolan teroris semisal kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) dan Front al-Nusra.

Dia menambahkan bahwa di negaranya sedang berlangsung proses rekonsiliasi nasional secara intensif untuk menggalang kerukunan dan kedamaian, dan dalam rangka ini pemerintah Damaskus sedang mengkaji inisiatif yang diajukan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan atau Rusia.

“Pemerintah Suriah mempelajari segala inisiatif yang tidak mengusik kehormatan nasional Suriah serta menunjang integritas negara ini,” tuturnya.

Lebih jauh dia mengecam sebagian negara Timur Tengah yang, menurutnya, mendukung para teroris. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL