Hassan-RouhaniTeheran, LiputanIslam.com – Presiden Iran Hassan Rouhani memastikan bahwa seandainya Iran tidak bergerak niscaya kawanan teroris sekarang sudah menguasai kota suci Mekkah al-Mukarramah dan Madinah al-Munawwarah.

“Seandainya tidak ada petunjuk dari Pemimpin Tertinggi Revolusi Islam Iran (Grand Ayatullah Ali Khamenei), maka Baghdad dan tempat-tempat suci di Irak tidak akan seperti sekarang, bahkan Mekkah dan Madinahpun juga akan jatuh ke tangan kelompok-kelompok teroris… Tapi seandainya Mekkah dan Madinah diserang oleh kelompok-kelompok teroris – naudzu billah- niscaya kami akan membela keduanya sebagaimana kami membela Karbala,” ungkap Rouhani di Teheran menjelang keberangkatannya ke New York, Amerika Serikat, sebagaimana dikutip Rai al-Youm, Jumat (25/9).

Lebih jauh Presiden Rouhani menyindir pemerintah Arab Saudi yang dipandang Iran sebagai suporter kelompok-kelompok radikal dan teroris di Irak dan Suriah.

“Mereka (Saudi) merasa kuat , tapi lihatlah bagaimana Irak dengan kebesaran dan kekuatannya, dan Suriah yang memiliki pasukan yang sangat tangguh dalam menghadapi problema… Adapun negara-negara lain di kawasan ini sangat lemah, sementara semua orang sekarang memastikan bahwa seandainya terjadi perang yang nyata terhadap teroris maka Iranlah yang dapat menghadapinya, ” katanya.

Dia menambahkan, “Iran merupakan markas besar yang dapat andil dalam perkembangan dan kemajuan kawasan… Seandainya kami hendak bersatu dengan para tetangga dan saudara-saudara kami di kawasan untuk perkembangan itu maka yang harus kita lakukan pertama kali adalah menjamin keamanannya.”

Mengenai kesepakatan nuklir Iran dengan enam negara terkemuka yang tergabung dalam kelompok P5+1 dia menegaskan bahwa perjanjian ini menguntungkan bangsa Iran dan semua bangsa regional. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL