Hassan-RouhaniTeheran, LiputanIslam.com – Presiden Iran Hassan Rouhani menilai Amerika Serikat (AS) tak serius perangi terorisme, dan karena itu Teheran tidak memiliki rencana apapun untuk bekerjasama dengan AS dalam perang ini.

“Iran siap bekerjasama dengan negara manapun yang ingin menanggulangi terorisme, tapi dalam hal ini kami tidak merasakan adanya kesungguhan pada AS,” kata Rouhani dalam jumpa pers di Teheran, Sabtu (30/8), seperti dikutip Rai al-Youm.

Dia menambahkan,”Kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) telah membunuhi rakyat Suriah sejak tiga tahun silam, tapi mengapa kita tidak melihat reaksi apapun dari AS? Apa yang mereka katakan sekarang ialah ingin membela kedutaan besar dan konsulat jenderalnya. Ini jelas bukan perang melawan terorisme. Mereka seharusnya malu berperilaku demikian.”

Semua ini, menurut Rouhani, menjadi alasan bagi negaranya untuk tidak bekerjasama dengan AS dalam perang melawan terorisme.

“Kami tidak memiliki agenda apapun untuk berkoordinasi atau bekerjasama dengan AS dalam penumpasan terorisme… Iran serius memerangi terorisme. Kami melawan terorisme di tempat manapun, dan kami siap membantu negara manapun yang meminta bantuan kepada kami. Dalam hal ini selama beberapa tahun silam kami telah membantu Irak, Suriah, Lebanon, dan Palestina, dan kami akan terus melangkah di jalan ini,” ungkapnya.

Presiden Rouhani juga menegaskan kesiapan Iran berdialog dengan pemerintah Arab Saudi.

“Kami siap berdialog dan bertukar pikiran dengan Arab Saudi, siap meraih kesepakatan. Ada perselisihan pendapat mengenai berbagai isu regional yang mungkin tidak semuanya dapat kami selesaikan. Namun ini bukan berarti bahwa ketika kami dekat dengan suatu negara maka semua pandangan harus sama. Kami menjalin hubungan baik dengan Turki, walaupun kami berbeda pendapat mengenai isu Suriah. Karena itu bisa saja hubungan kami baik dengan Saudi walaupun ada perselisihan mengenai beberapa isu,” tuturnya. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL