Teheran, LiputanIslam.com – Presiden Iran Hassan Rouhani mengatakan bahwa pihak Eropa telah menyatakan konsistensi dan dukungannya kepada perjanjian nuklir Iran meskipun mereka mendapat tekanan dari AS agar mengabaikan perjanjian ini.

Dalam pertemuan dengan para ulama, Sabtu malam (26/5/2018), Rouhani mengatakan bahwa Iran telah mengerahkan berbagai upaya diplomatik untuk membela haknya hingga membuahkan berbagai hasil, termasuk pencabutan 6 resolusi Dewan Keamanan PBB anti Iran, dan resolusi-resolusi ini tetap dicabut meskipun AS keluar dari perjanjian nuklir Iran. Selain itu, Iran juga dapat menutup berkas  Possible Military Dimensions (PMD) yang oleh sebagian pihak dianggap tak dapat diselesaikan selama beberapa dekade.

Mengenai pengayaan uranium Iran dia menjelaskan, “Perbedaan pengayaan uranium antara sekarang dan masa lalu ialah bahwa PBB dulu mengira bahwa Iran, akibat adanya beberapa penolakan, tidak berhak memperkaya uranium, sedangkan sekarang, bahkan berdasar keputusan PBB sendiri, pengayaan uranium menjadi kegiatan yang legal, dan AS pun saat itu juga memberikan suara dukungan untuk keputusan ini.”

Mengenai sikap Eropa di depan tekanan AS dia mengatakan, “AS gencar menekan Eropa agar memilih AS atau Iran, tapi Eropa menyatakan bahwa mereka memilih perjanjian nuklir.”

Dia menambahkan, “Saya tidak ingin mengatakan bahwa semua perkara sudah terleselesaikan, tapi setidaknya sebagian besar negara menilai jalan Iranlah yang benar, bahwa AS-lah yang salah, dan ini tergolong keberhasilan besar.”

Rouhani lantas menegaskan bahwa negaranya tetap berusaha mempertahankan perjanjian nuklir jika masih mengindahkan hak-haknya.

Sementara itu, jubir Badan Tenaga Atom Iran Behrouz Kamalvandi, Minggu (27/5/2018), memastikan bahwa mesin pengayaan uranium di fasilitas nuklir Fardo sudah siap bergerak, dan dalam hal ini Iran bisa memperkaya uranium sampai 20 persen hanya dalam jangka waktu dua atau tiga hari saja.

Mengenai pernyataan Pemimpin Besar Iran Grand Ayatullah Sayyid Ali Khamenei mengenai kesiapan Badan Tenaga Atom Iran untuk proses tersebut jika Eropa mengabaikan tuntutan Iran Kamalvandi mengatakan, “Kami siap sepenuhnya. Telah dilakukan banyak rapat di bidang ini, dan berbagai persoalan tentang ini telah dibicarakan bersama oleh para pakar dan pejabat Iran.” ((mm/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*