Teheran, LiputanIslam.com – Presiden Iran Hassan Rouhani dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dalam sebuah komunikasi telefon, Rabu (16/5/2018), sama-sama menegaskan bahwa negara-negara Islam harus bersatu melawan tindakan Amerika Serikat (AS) dan Rezim Zionis Israel di Palestina.

“Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan Organisasi Kerjasama Islam (OKI) harus menunaikan kewajibannya membela bangsa Palestina dalam situasi krusial dewasa ini,” ujar Rouhani.

Dia menilai pemindahan Kedubes AS untuk Israel dari Tel Aviv ke Al-Quds “tindakan ilegal dan provokatif” terhadap bangsa Palestina dan umat Islam secara umum.

“Kita harus berusaha agar dunia mendengar satu suara terpadu dari negara-negara Islam terhadap tindakan AS dan Israel,”ungkapnya.

Dia menegaskan, “Negara-negara Islam harus berdiri di satu barisan menghadapi gerakan-gerakan tak berprikemanusiaan ini, dan kita harus memanfaatkan kesempatan untuk meningkatkan solidaritas.”

Di pihak lain, Presiden Turki menyampaikan undangannya kepada Rouhani untuk mengikuti pertemuan puncak luar biasa OKI di Istanbul.

“Partisipasi Iran dalam pertemuan puncak ini penting dan berpengaruh,” katanya.

Mengenai Palestina, Erdogan mengatakan, “Prakarsa damai apapun yang tidak memenuhi tuntutan orang-orang Palestina justru akan memperparah ketegangan di kawasan.”

Dia menekankan bahwa sekarang sudah tiba saatnya negara-negara Islam menunaikan kewajibannya di depan bangsa Palestina.

Mengenai Kedubes AS untuk Israel dia mengatakan, “Pemindahan Kedubes AS ke Al-Quds (Yerussalem) akan memotivasi Israel untuk melakukan pembantaian.” (mm/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*