rouhani spechZahedan, LiputanIslam.com – Presiden Republik Islam Iran Hassan Rouhani menyatakan umat Islam sedang dihadapkan pada banyak konspirasi yang digalang musuh-musuh Islam untuk mengadu domba umat Islam Sunni dan Syiah, dan kondisi ini sangat memberatkan misi alim ulama dan para pelajar agama di tengah masyarakat kontemporer.

“Misi alim ulama sekarang sangat berat,” tutur Hassan Rouhani di hadapan para ulama dan pelajar agama Sunni dan Syiah di Zahedan, provinsi Sistan Baluchestan, Iran, Selasa malam (15/4/2014). “Saya memang berharap dalam kunjungan ini dapat bertatap muka dengan alim ulama Syiah dan Sunni serta para tokoh, pemuka, dan semua orang yang aktif di ranah ilmu dan pengetahuan,” lanjut Rouhani.

Dia mengingatkan bahwa Islam adalah agama yang menjadi sumber kekuatan, kebudayaan, peradaban, dan di tengah mazhab-mazhab Islam terdapat payung persatuan, keimanan dan keyakinan.

Menurut Presiden Iran, dunia dewasa ini sangat dahaga akan spiritualitas dan kebudayaan yang dapat menuntun manusia kepada kebahagiaan sejati yang diajarkan Islam. Namun, di tengah dahaga itu ada banyak konspirasi supaya terjadi perpecahan antara Sunni dan Syiah yang sama-sama Muslim.

Rouhani menegaskan, “Kita di dunia sekarang memiliki musuh-musuh yang secara prinsipal menentang Islam, al-Quran dan Rasulullah saw…Dunia Islam, syariat Islam, al-Quran al-Majid, jalan yang benar dan jalur orang-orang yang berpikir memiliki musuh-musuh yang harus kita waspadai… Umat Syiah dan Sunni serta berbagai aliran lain sepanjang sejarah dapat hidup berdampingan satu sama lain.” (mm/fna)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*