Riyadh, LiputanIslam.com –  Para menhan Koalisi Militer Islam Kontra Terorisme (Islamic Military Counter Terrorism Coalition/IMCTC) menyelenggarakan sidang untuk pertama kalinya di Riyadh, ibu kota Arab Saudi, Minggu (26/11/2017), dan merilis pernyataan yang menegaskan tekad mereka dalam memerangi terorisme.

Petinggi militer Saudi Letjen Abdullah Al-Saleh selaku sekjen koalisi ini menegaskan bahwa mereka  bertekad untuk mengoordinasikan upaya melawan terorisme melalui “tindakan kolektif dan terorganisir untuk menentukan batasan bagi pemicu ekstrimisme dan sektarianisme.”

Dalam pembukaan sidang ini Putera Mahkota Saudi Mohammad Bin Salman mengatakan bahwa koalisi ini telah menyudahi diskoordinasi antarlembaga selama ini dalam upaya pemberantasan terorisme.

“Hal ini sekarang sudah berakhir dengan adanya koalisi ini,” kata Bin Salman yang masih berusia 32 tahun dan merangkap Mehan Saudi tersebut.

Di hadapan para menhan dan petinggi militer dalam sidang itu dia menambahkan, “Hari ini lebih dari 40 negara telah mengirim isyarat yang sangat kuat bahwa mereka akan bekerjasama, dan akan berkoordinasi secara erat sekali untuk saling mendukung  dalam upaya militer maupun aspek keuangan, atau aspek intelijen, atau politik.”

IMCTC dideklarasikan pada Desember 2015 atas prakarsa Bin Salman. Riyadh menyatakan bahwa jumlah anggota koalisi ini bertambah dari 34 menjadi 41 negara Arab dan Islam, termasuk Pakistan dan Turki, dan tidak mencakup Iran, Suriah, dan Irak.

Qatar yang dituding oleh kubu Saudi sebagai negara yang mensponsori terorisme tercatat sebagai anggota koalisi ini namun tidak mengikuti sidang di Riyadh yang diselenggarakan Minggu sehingga timbul dugaan bahwa Qatar memang tidak diundang oleh Saudi dan bahkan sudah dihapus dari daftar itu setelah pasukan koalisi pimpinan Saudi dalam perang Yaman mengeluarkan Qatar dari koalisi ini.

Sidang IMCTC diselenggarakan di tengah keruhnya hubungan Saudi dengan Iran terkait dengan berbagai isu panas di Timteng, terutama perang di Yaman dan Suriah.

Namun demikian, Jenderal Purn. Rahil Sharif dari Pakistan selaku ketua IMCTC Minggu kemarin mengatakan, “Koalisi kami tidak mengarah terhadap negara, kelompok, dan agama apapun, dan tujuannya semata memerangi terorisme.”  (mm/rayalyoum/afp/arabnews)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL